Syaikh As-Sudais Serukan Umat Islam untuk Bersatu

998

MAKKAH – Imam besar Masjidil Haram Abdurrahman As-Sudais mengajak umat Islam dari seluruh penjuru dunia untuk bersatu. Pesan ini disampaikan Syaikh Sudais saat khutbah Salat Jumat (19/8/2016).

Menurutnya, haji merupakan pertemuan akbar umat Islam dari seluruh dunia yang juga sekaligus menjadi momentum persatuan. Momentum ini ditunggu umat Islam sedunia dalam setiap tahunnya. Karenanya, Sudais berharap penyelenggaran ibadah haji berjalan sebagaimana mestinya dan terbebas dari persoalan politik.

Sebelumnya, mengawali khutbahnya, Sudais mengucapkan selamat datang kepada seluruh jamaah haji di Kota Makkah Al Mukarramah. Dia menjelaskan bahwa kota kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah wilayah yang aman sebagaimana doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim AS. Masjidil Haram juga tempat yang mustajabah di mana doa dan harapan yang dilangitkan akan dikabulkan.

Kepada para jamaah haji, Sudais mengingatkan bahwa tujuan utama penyelenggaraan ibadah haji adalah mengesakan Allah Swt atau tauhid.

Oleh karenanya, Sudais mengajak umat Islam bersatu dalam tauhid. “Berpegang teguhlah kalian kepada tali agama Allah, dan janganlah kamu bercerai berai,” terang As-Sudais membacakan QS Ali Imran ayat 103.

Selama berhaji, Sudais mengingatkan para jamaah untuk tidak menyianyiakan waktu dengan berdebat. Sebaliknya, sesama umat Islam saling menyayangi dan menguatkan. Menurutnya, tidak ada dakwah kecuali karena Allah, tidak ada syiar kecuali talbiyah atau panggilan Allah.

“Labbaikallahumma labbaik. Labbaika laa syariika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk. Laa syariika lak,” pekiknya.

“Man hajja hadzal baita wa lam yarfus wa lam yafsuq, kharajat ka yaumi waladathu ummuhu (barangsiapa berhaji di Baitullah ini, serta tidak berkata kotor/keji dan tidak berbuat fasik, maka dia akan keluar seperti hari ketika dia dilahirkan ibunya/diampuni dosanya),” tambahnya.

Mengakhiri khutbahnya, Sudais mengajak umat Islam untuk mendoakan kebaikan bagi Palestina, Masjid al Aqsa, Yaman, Burma, dan seluruh umat Islam.

Sumber : Okezone

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here