Tak Hanya Iuran, Pemerintah Naikkan Denda BPJS Kesehatan Jadi 5 Persen

309

Moslemtoday.com : Di tengah pandemi corona, Pemerintah menaikkan iuran BPJS Kesehatan melalui Peraturan Presiden No. 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Pemerintah memutuskan menaikan iuran BPJS Kesehatan untuk Kelas I dan II, sementara iuran kelas III akan naik pada 2021 mendatang. Kenaikan iuran BPJS Kesehatan untuk  Kelas I dan II tersebut akan dimulai pada Juli 2020.

Selain kenaikan iuran BPJS, diatur juga perubahan subsidi pemerintah, hingga denda yang dibayarkan oleh peserta yang telat bayar. Pada pasal 42 dijelaskan mengenai denda yang harus dibayarkan.

Besarannya pada 2020 dendanya 2,5 persen dari perkiraan biaya paket Indonesian Case Based Groups (ICBG). Tapi pada 2021 naik dari 2,5 persen menjadi 5 persen dari perkiraan biaya paket ICBG.

Pemberian denda akan diberikan kepada Peserta dan/atau Pemberi Kerja yang tidak membayar iuran sampai dengan akhir bulan. Jika tidak bayar, maka penjaminan Peserta diberhentikan sementara, mulai tanggal 1 pada bulan berikutnya.

KLIK DISINI UNTUK MENDOWNLOAD PERPRES NO. 64 TAHUN 2020 (FILE PDF)

Sumber : Kompas.com, Vivanews.com

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here