Taliban Deklarasikan Nama Baru untuk Afghanistan: Emirat Islam Afghanistan

702

Moslemtoday.com : Taliban secara resmi mendeklarasikan nama baru untuk Afghanistan yang bernama “Emirat Islam Afghanistan” atau “Islamic Emirate of Afghanistan” pada hari Kamis, 19 Agustus 2021 setelah berhasil merebut kembali kekuasaan di negara tersebut. Sebelumnya Afghanistan bernama “Republik Islam Afghanistan”.

Dengan demikian, Afghanistan akan menganut sistem pemerintahan keamiran. Dalam sistem keamiran, kekuasaan tertinggi dipegang oleh seorang Amir atau biasa juga dipanggil “Amirul Mukninin”, namun berbeda dengan kekhalifahan. Seorang Amir dipilih oleh Majelis Syura. Sementara sistem Republik dipimpin oleh seorang Presiden.

“Deklarasi Emirat Islam Afghanistan pada kesempatan peringatan 102 tahun kemerdekaan negara ini dari kekuasaan Inggris,” kata Zabihullah Mujahid mengumumkan nama baru Afghanistan di akun Twitternya, Kamis, 19 Agustus 2021.

Dalam deklarasinya tersebut, Taliban mengatakan bahwa Emirat Islam Afghanistan menginginkan hubungan diplomatik dan perdagangan yang lebih baik dengan semua negara.

Emirat Islam Afghanistan sebenarnya adalah nama yang sama saat Afghanistan berada di bawah kekuasaan Taliban pada tahun 1996 hingga 2001, sebelum kelompok itu digulingkan oleh pasukan invasi Amerika Serikat pasca serangan 11 September 2001.

Pada saat itu, hanya beberapa negara yang mengakui pemerintahan Taliban, termasuk Pakistan, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Turkmenistan. (DH/MTD)

Sumber : Thehill.com | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here