Taliban Perintahkan Semua NGO Lokal Maupun Asing Untuk Melarang Karyawan Perempuan Bekerja

76

Moslemtoday.com : Pemerintahan Afghanistan yang dikelola Taliban memerintahkan semua NGO (non-governmental organization) atau lembaga swadaya masyarakat (LSM)  lokal dan asing untuk menghentikan semua karyawan perempuannya bekerja. Keputusan itu diterbitkan beberapa hari setelah Taliban juga mengeluarkan larangan untuk perempuan Afghanistan kuliah di perguruan tinggi.

“Karyawan perempuan dari organisasi non-pemerintah (LSM) tidak diizinkan bekerja sampai pemberitahuan lebih lanjut karena beberapa tidak mematuhi interpretasi pemerintah tentang aturan berpakaian Islami untuk perempuan,” ungkap juru bicara juru bicara Kementerian Ekonomi Abdulrahman Habib, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu, (24/12/2022).

Kedua keputusan tersebut merupakan pembatasan terbaru terhadap perempuan yang cenderung merusak upaya pemerintahan yang dikelola Taliban untuk mendapatkan pengakuan internasional. Keputusan itu juga dinilai akan menghambat stabilitas perekonomian dan penyaluran bantuan kemanusiaan di Afghanistan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan di Twitter bahwa dia “sangat prihatin” terhadap langkah itu yang akan mengganggu bantuan kemanusiaan untuk menyelamatkan nyawa jutaan orang. “Perempuan adalah pengelola yang tepat untuk pengoperasian bantuan kemanusiaan di seluruh dunia. Keputusan ini bisa menghancurkan bagi orang Afganistan,” tulisnya.

Sementara itu, Ramiz Alakbarov, wakil perwakilan khusus PBB untuk Afghanistan dan koordinator kemanusiaan, mengatakan kepada Reuters bahwa meskipun PBB belum menerima surat keputusan tersebut, LSM tempat dia bekerja akan sangat terpengaruh.

“Banyak dari program kami akan terpengaruh. Karena kami membutuhkan staf perempuan untuk menilai kebutuhan kemanusiaan dan mengidentifikasi penerima manfaat, jika tidak, mereka tidak akan dapat melaksanakan program bantuan,” ungkapnya.

Lembaga bantuan internasional AfghanAid juga mengatakan bahwa mereka akan segera menangguhkan operasi sementara berkonsultasi dengan organisasi lain, dan bahwa LSM lain juga mengambil tindakan serupa.

Sumber : Reuters | Weblink : https://www.reuters.com/world/asia-pacific/taliban-orders-ngos-ban-female-employees-coming-work-2022-12-24

Redaktur : Hermanto Deli | Copyright © 2022 – Moslemtoday.com

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here