Tambang Batu Bara Meledak di Iran, 35 Orang Tewas

1123
People gather at the site of the blast in Iran's Golestan province [Tasnim News Agency/Handout via Reuters]

Moslemtoday.com : Sebanyak 35 penambang telah kehilangan nyawa mereka dan beberapa lainnya terluka dalam ledakan tambang batu bara di provinsi Golestan, Iran timur laut. Ledakan itu terjadi di tambang Zemestanyurt, sekitar 14km di luar kota Azadshahr.

Menteri Koperasi, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Sosial Iran Ali Rabiei membenarkan jumlah korban tewas pada Kamis pagi, “Sayangnya, semua penambang terjebak dalam reruntuhan kehilangan nyawa mereka”, ujar Rabiei, sebagaimana dilansir dari Aljazeera, Kamis, (4/5/2017).

Shahin Fathi, Kepala Unit Pencarian dan Rescue Bulan Sabit Merah Iran, mengatakan lebih dari 40 penambang telah terjebak dan enam di antaranya berhasil diselamatkan dalam kondisi luka-luka, Operasi penyelamatan terus berlanjut.

Operasi penyelamatan sempat terhenti saat terowongan dipenuhi oleh gas beracun dan penambang terjebak di ujung batang 1.000 meter di tambang yang panjangnya sekitar dua kilometer. “Sekitar 600 meter (meter) terowongan telah dibersihkan” di tambang itu, kata Reza Bahrami, seorang pejabat industri pertambangan di Golestan.

Iran mengekstraksi 1.68 juta ton batubara pada tahun 2016, meningkat daripada tahun-tahun sebelumnya, karena adanya pelonggaran sanksi internasional. Bencana ini bukan bencana pertama yang menyerang industri pertambangan Iran. Pada tahun 2013, sekitar 11 pekerja terbunuh dalam dua insiden pertambangan dan pada tahun 2009, sekitar 20 pekerja tewas dalam beberapa insiden. (DH/MTD)

Sumber : Aljazeera

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here