Tanggapi Trump, Sekjen PBB: Bukan Waktunya Kurangi Dana WHO

139
https://www.fmprc.gov.cn/mfa_eng/topics_665678/kjgzbdfyyq/P020200310355462655277.pdf
Antonio Guterres. Sumber Foto : Xinhuanet.com

Moslemtoday.com : Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengatakan sekarang bukan waktunya untuk mengurangi dana bantuan kepada WHO yang sedang berjuang memerangi pandemi Covid-19.

“Sekarang adalah waktu untuk persatuan dan komunitas internasional untuk bekerja bersama dalam solidaritas untuk menghentikan virus ini dan konsekuensinya yang menghancurkan,” kata Guterres seperti dilansir dari UN News, Rabu, (15/4/2020).

Guterres menekankan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah ujung tombak untuk mengkoordinasikan upaya-upaya global melawan Covid-19.

“Seperti yang saya katakan sebelumnya, pandemi Covid-19 adalah salah satu tantangan paling berbahaya yang dihadapi dunia saat ini dalam kehidupan kita. Ini adalah krisis kemanusiaan dengan konsekuensi kesehatan dan sosial-ekonomi yang mengkhawatirkan,” ungkap Guterres.

“WHO dengan ribuan stafnya beroperasi di seluruh dunia untuk mengatasi penularan virus corona. WHO ada di garis depan, mendukung negara-negara anggota terutama yang paling rentan di antara mereka, dengan bimbingan, pelatihan, peralatan dan layanan kesehatan yang konkret,” tambah Guterres.

Pernyataan Sekjen PBB ini datang menanggapi pernyataan Presiden AS Donald Trump yang mengumumkan bahwa pemerintahannya menghentikan pendanaan untuk WHO karena dinilai telah gagal dalam mengatasi penyebaran pandemi virus corona (Covid-19). Trump menilai karena kegagalan WHO, Amerika Serikat kini mengalami penderitaan paling parah dari wabah virus tersebut. (DH/MTD)

Sumber : UN News | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here