Tegas, Presiden Erdogan ke Uni Eropa : “Terima Kami atau Tidak!!”

1308
Erdogan slams US Congress over JASTA law

Moslemtoday.com : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak para pemimpin Uni Eropa pada hari Selasa untuk memberikan pernyataan “apakah mereka ingin mengakui Turki sebagai anggota UE atau tidak”. Pernyataan Erdogan disampaikan ketika melakukan kunjungan resmi ke Polandia, Selasa kemarin.

“Saya ingin mendengar sebuah deklarasi yang jelas,” kata Erdogan. “Jika Anda ingin menerima Turki, lakukan saja. Jika Anda tidak mau, katakan saja,” tegas Presiden Erdogan seperti dilansir dari ABC News, Rabu, (18/10/2017).

Upaya Turki untuk bergabung dengan 28 anggota UE terhalang oleh reaksi keras Erdogan terhadap usaha kudeta yang gagal pada tahun lalu. Puluhan ribu orang telah ditangkap dan diberhentikan dari pekerjaan mereka di Turki atas tuduhan terlibat upaya kudeta 15 Juli 2016, yang memicu protes keras dari para pemimpin Uni Eropa.

Sementara itu, Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan bahwa Polandia mendukung usaha Turki untuk bergabung dengan UE. “Polandia mendukung upaya Turki saat ini untuk bergabung dengan Uni Eropa,” kata Duda saat ia berdiri di samping Erdogan. “Turki adalah mitra UE yang sangat penting di bidang keamanan.”

Erdogan mengingatkan kritiknya bahwa lebih dari tiga juta pengungsi dari Suriah dan Irak berada di kamp-kamp pengungsi di Turki. Dia mengatakan negaranya telah menghabiskan sekitar 30 miliar euro ($ 36 miliar) untuk mendukung mereka, sementara dana dari sebuah kesepakatan dengan Uni Eropa sejauh ini mencapai 885 juta euro (sekitar $ 1 miliar).

Seperti dilansir dari Reuters, beberapa pekan lalu, Presiden Erdogan juga menegaskan bahwa Uni Eropalah sebenarnya yang membutuhkan Turki. “Uni Eropa gagal dalam perang melawan terorisme, sebenarnya merekalah (UE) yang membutuhkan Turki,” tegas Erdogan. (DH/MTD)

Sumber : ABC News | REUTERS

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here