Telepon Jokowi, Iran Siap Memasok Alat Medis untuk Penanganan Corona di Indonesia

229
Presiden Jokowi dan Presiden Hassan Rouhani. Sumber Foto : RadioElshinta

Moslemtoday.com : Presiden Iran Hassan Rouhani melakukan panggilan telepon dengan Presiden Jokowi, pada Senin, 27 April 2020. Dalam sambungan telepon tersebut, Hassan Rouhani mengatakan bahwa Iran siap memasok alat kesehatan dan medis untuk penanganan corona (Covid-19) di Indonesia.

“Iran telah mencapai kesuksesan di bidang sains dan teknologi dan memasok dan membuat persyaratan seperti alat uji, ventilator, CT scan dan masker N95, dan siap untuk bekerja sama dengan Indonesia untuk penanganan kasus corona,” kata Rouhani, seperti dilansir dari Kantor berita ISNA, Senin, (27/4/2020).

Presiden Iran mengungkapkan hubungan persahabatan dan kerjasama antara kedua negara sudah terjalin sejak lama dan menekankan eratnya hubungan di antara kedua negara. Presiden Rouhani dan Jokowi juga sepakat berbagi pengalaman dalam penanganan corona.

Dalam pembicaraan tersebut, Presiden Rouhani juga menyoroti sanksi AS terhadap Iran yang dinilai bertentangan dengan hak asasi manusia yang fundamental. “Sanksi ini berbahaya di saat semua negara di dunia memerangi virus corona,” ungkap Rouhani.
Sementara itu, Presiden Jokowi menyatakan ungkapan terima kasih kepada Presiden Rouhani. “Hari ini, coronavirus telah menciptakan kondisi yang sulit bagi dunia, dan dalam situasi saat ini, semua negara, terutama negara-negara Islam, harus saling membantu,” kata Jokowi. (DH/MTD)

Sumber : ISNA | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here