Tepat 1 Tahun Krisis Diplomatik, Al Jazeera Sebut Peretas Kantor Berita Qatar Dilakukan oleh Riyadh

458

Moslemtoday.com : Pada 5 Juni 2017 lalu, Empat Negara Teluk (Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir) memutus hubungan diplomatik dan memberlakukan blokade darat, laut, dan udara terhadap Qatar. Tepat satu tahun krisis diplomatik tersebut, media ternama Qatar, Al Jazeera merilis hasil penyelidikan yang menyebut bahwa peretasan Qatar News Agency (QNA) dilakukan oleh Riyadh.

Berdasarkan hasil investigasi tersebut, peretasan Qatar News Agency (QNA) dan publikasi palsu yang dikaitkan dengan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani tahun lalu dilakukan di Riyadh, Arab Saudi, seperti dilansir dari Al Jazeera, Selasa, (5/6/2018).

Menurut penyelidikan itu, IP Address dari peretas berasal dari dalam sebuah Kementerian Saudi di Kota Riyadh. Peretasan itu dilakukan pada 24 Mei 2017, yang memicu krisis diplomatik besar di kawasan itu, yang menyebabkan Empat Negara Teluk memutus hubungan diplomatik dengan Qatar pada tanggal 5 Juni.

Menyusul insiden tersebut, Qatar meluncurkan penyelidikan untuk mengusut para peretas yang telah mempublikasikan pernyataan palsu yang dikaitkan dengan Sheikh Tamim di platform QNA.

Menurut penyelidikan ini, sebuah perusahaan milik UEA mengontrak tiga perusahaan keamanan siber asal Turki untuk memeriksa dan mendeteksi celah-celah keamanan sejumlah daftar situs web online termasuk QNA.  Setelah mendapatkan data tersebut, perusahaan UEA itu kemudian menyerahkannya kepada Arab Saudi.

Sementara itu, menurut penyelidikan yang dilakukan oleh Qatar Institute of Computerization menyebut bahwa Arab Saudi dan sekutu-sekutunya membuat sekitar 187 akun Twitter baru selama atau sebelum hari terjadinya krisis untuk menyerang Qatar.

Pada saat insiden itu, Para pejabat Amerika Serikat dan Eropa menyebut bahwa kantor berita Qatar News Agency (QNA) dan akun twitter resminya sedang diretas, namun mereka tidak berkomentar siapa pelaku dibelakangnya.

Belum ada tanggapan resmi dari Arab Saudi terkait hasil penyelidikan ini. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here