The Jerusalem Post Ungkap Pertemuan Rahasia Antara Israel dengan Qatar di Pulau Siprus

2962
The Jerusalem Post Ungkap Pertemuan Rahasia Antara Israel dengan Qatar di Pulau Siprus

Moslemtoday.com : Surat Kabar Independen ternama di Kota Jerusalem, The Jerusalem Post mengungkapkan pertemuan rahasia antara Israel dengan Qatar di Pulau Siprus. Menteri Pertahanan Avigdor Liberman diam-diam bertemu dengan Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman al-Thani di Siprus, seperti dilansir dari The Jerusalem Post, Rabu, (12/9/2018).

Menurut laporan itu, pertemuan tersebut terjadi pada akhir bulan Juni lalu dan berlangsung di sela-sela pembicaraan yang dilakukan oleh Avigdor Liberman dengan menteri pertahanan Siprus dan Yunani untuk membangun pelabuhan di Gaza sebagai bagian dari gencatan senjata jangka panjang antara Israel dan Hamas.

Channel 10 Israel juga melaporkan bahwa Liberman telah bertemu dengan utusan khusus Qatar untuk Gaza, Mohammed al-Emadi di Siprus. Tetapi menurut laporan pejabat senior Israel, Al-Emadi sering berada di Israel.

The Jerusalem Post mengungkapkan bahwa pertemuan rahasia antara Liberman dan Al-Thani terjadi ketika para pemimpin Israel dan Hamas mempertimbangkan proposal gencatan senjata.

Pada tanggal 17 Juli lalu, Al-Emadi mengatakan kepada Al Jazeera bahwa ada pembicaraan tentang gencatan senjata untuk lima hingga sepuluh tahun mendatang antara kedua pihak.

“Hamas dan Israel telah mencapai kesepakatan diam-diam untuk menjaga konfrontasi militer mereka pada intensitas rendah dan menghindari perang skala penuh. Hal itu akan sangat sulit untuk merekonstruksi Gaza jika perang masih berlangsung,” ungkap Al-Emadi.

Menurut satu laporan dari televisi Al-Mayadeen Lebanon, kesepakatan jangka panjang tidak hanya mencakup pelabuhan di Siprus, tetapi juga koneksi pengiriman kargo antara Siprus dengan Gaza dan Israel akan mengamankan jalur tersebut. Qatar juga akan menanggung biaya tagihan listrik di Gaza yang bekerja sama dengan Israel, dan menanggung gaji pegawai layanan sipil bekerja sama dengan Mesir.

Sebagai pendukung Hamas dan Ikhwanul Muslimin, Qatar telah aktif terlibat di Gaza dengan memberikan investasi hampir $ 500 juta dolar di berbagai proyek rehabilitasi di Jalur Gaza. Qatar juga menjadi mediator antara Israel dan Hamas mengenai isu hilangnya tentara Israel dan warga sipil yang ditahan oleh kelompok teroris di Jalur Gaza. (DH/MTD)

Sumber : The Jerusalem Post | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com 

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here