Tiba di Istanbul, Presiden Jokowi Bersiap Hadiri KTT Luar Biasa OKI Soal Palestina

920

Moslemtoday.com : Usai menempuh penerbangan selama hampir 15 jam, pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan mendarat di Bandar Udara Internasional Atatürk, Istanbul, Turki, Selasa (12/12), pukul 21.54 waktu setempat (WS) atau Rabu (13/12) dini hari WIB.

Saat turun dari pesawat, Presiden dan Ibu Iriana disambut oleh sejumlah pejabat tinggi Kota Istanbul dan juga Duta Besar Indonesia untuk Turki ,Wardana. Begitupun saat tiba di hotel tempatnya bermalam, Presiden dan Ibu Iriana disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang telah terlebih dahulu berada di Istanbul.

Selain itu, dua anak perwakilan putra dan putri masyarakat Indonesia di Istanbul turut menyambut Presiden dan Ibu Iriana dengan berpakaian adat Sumatera Barat. Bahkan, salah satu anak memberikan bunga tangan kepada Ibu Iriana sebagai ucapan selamat datang.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang membahas isu terkait Palestina pada Rabu (13/12) pagi waktu setempat.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengemukakan, penyelenggaraan KTT Luar Biasa merupakan kesempatan pertama bagi negara-negara OKI untuk secara bersama dan tegas menolak keputusan Presiden Amerika (AS) Donald Trump yang telah mengakui Yerusalem sebagai Ibu kota Israel.

“Saya akan menyampaikan penolakan kita, rakyat Indonesia atas pengakuan sepihak Amerika Serikat, dan meminta negara-negara OKI untuk membulatkan suara dan persatuan guna membela Palestina,” kata Presiden Jokowi dalam pernyataannya yang disampaikan sebelum keberangkatan menuju Istanbul Turki, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (12/12) siang.

Selain itu, dalam KTT Luar Biasa OKI itu, Presiden juga akan menyampaikan beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan baik secara bersama maupun secara individu untuk membela Palestina.

Presiden Jokowi berharap kunjungannya ke Istanbul, Turki, untuk menghadiri KTT Luar Biasa OKI ini akan memberikan manfaat nyata bagi upaya perdamaian dunia, khususnya penyelesaian sengketa antara Israel dan Palestina.

Presiden dan rombongan dijadwalkan akan tiba kembali di tanah air pada Kamis (14/12) lusa.

Sumber : Sekretariat Kabinet RI, www.setkab.go.id

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here