Tillerson : Iran Sedang Mempersenjatai Organisasi Teroris di Timur Tengah

611

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan bahwa Amerika Serikat bekerja sama dengan sekutu-sekutunya dan Eropa untuk melawan kebijakan-kebijakan yang merusak dan memicu kekacauan yang dilakukan oleh Iran di Timur Tengah dengan dukungan senjata terhadap organisasi teroris (Houthi dan Hizbullah) di wilayah tersebut.

“Yang paling mengkhawatirkan kita adalah program rudal balistik, merusak stabilitas Yaman dan mengekspor senjata ke organisasi teroris seperti Hizbullah Lebanon dan Houthi Yaman,” ungkap Tillerson, seperti dilansir dari Al Arabiya, Kamis, (14/12/17).

“Iran hanya bertujuan untuk mengacaukan wilayah tersebut, dan banyaknya perang yang sedang berlangsung karena keterlibatan Iran,” tambah Tillerson.

“Bersama dengan mitra kami di wilayah ini dan di Eropa, kami ingin meminta pertanggungjawaban Iran atas tindakannya”.

“Untuk itu, kami telah mengambil tindakan sepihak atas diri kami sendiri untuk menjatuhkan sanksi kepada individu dan kelompok tertentu yang mendapat dukungan langsung dari Iran dan Iran harus bertanggung jawab atas kegiatan semacam itu”.

“Negara-negara Eropa memiliki kekhawatiran yang sama dengan kami mengenai aktivitas Iran baru-baru ini, ketika saya berada di Eropa, kami mengadakan pertemuan dalam Rencana Aksi Komprehensif untuk lebih banyak berbicara tentang bagaimana kita dapat bekerja sama untuk mencapai sebuah situasi yang lebih stabil di Timur Tengah, dan bahwa situasi Iran adalah dilema besar yang harus kita hadapi bersama.”

Tillerson menekankan bahwa ada “titik lemah” dalam kesepakatan nuklir, dan karena itu harus ditinjau ulang.

Tillerson menngingatkan bahwa kebijakan Amerika terhadap Iran sangat terbatas dan hanya berfokus pada kesepakatan nuklir, sementara isu-isu lain yang berkaitan dengan Iran, Amerika Serikat dibatasi oleh hukum Internasional. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya
Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here