Tim Medis Saudi Berhasil Selamatkan Jamaah Haji Indonesia yang Terkena Serangan Jantung Koroner

6057
Tim Medis Saudi Berhasil Selamatkan Jamaah haji Indonesia

Moslemtoday.com : Tim Medis dari Pusat Jantung di King Abdullah Medical City (KAMC) di Mekkah telah berhasil menyelamatkan salah seorang jamaah haji Indonesia yang berumur lima puluh tahunan yang mengalami penyumbatan arteri pada jantung dan stroke setelah melalui proses operasi yang sangat kompleks.

Dr. Mamdooh Ismail Mursyid, konsultan kardiologi dan kateterisasi jantung di KAMC menjelaskan bahwa pasien tersebut dirujuk ke Pusat Jantung setelah didiagnosis terserang stroke jantung parah dan melihat rekam medis pasien yang pernah menjalani operasi penyambungan arteri koroner empat bulan lalu di negaranya, dan pasien langsung dirawat di ruang operasi guna proses kateterisasi mendesak dimana hasil pemeriksaan menunjukkan penyumbatan seluruh syaraf kecuali arteri koroner, serta menunjukkan penyumbatan 100% di arteri utama.

Dia menambahkan bahwa pihak medis memutuskan untuk membuka semua arteri akibat penyumbatan, dan karena rumitnya proses ini dan keakuratannya, maka diputuskan untuk dilakukan dalam dua tahap, termasuk tahap pertama yang diambil ketika pasien tiba di KAMC dengan melakukan pembukaan arteri koroner kanan.

Dr Mamdooh menjelaskan bahwa dalam tahap kedua dilakukan pembukaan arteri koroner utama bagian kiri yang tersumbat total 100% melalui operasi kateter yang sangat sulit dan kompleks, dimana sangat jarang ada pasien yang selamat apabila telah melalui operasi tersebut. Namun, atas izin Allah SWT dan segala upaya yang dikerahkan oleh tim medis, pasien tersebut dapat diselamatkan sehingga dapat kembali dengan rombongan dan melanjutkan prosesi ibadah haji bersama para jamaah lainnya.

Sebagai informasi, King Abdullah Medical City merupakan pusat medis yang memiliki sejumlah fasilitas kesehatan yang mumpuni dan modern, diantaranya Pusat jantung yang memiliki dokter dan teknisi bertaraf internasional dan memiliki pengalaman yang tinggi dalam menangani tindakan operasi yang kompleks. Semua ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Kerajaan Arab Saudi dalam memberikan pelayanan kepada para jamaah haji dari seluruh dunia dengan sebaik-baiknya. (SPA/Ahmad Suryana)

Sumber : Saudi Press Agency

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here