Tolak Resolusi Soal Suriah, Inggris: Rusia Tak Punya Perasaan

1323
Dubes Inggris untuk PBB, Matthew Rycroft mengaku tidak habis pikir dengan keputusan Rusia yang memveto resolusi DK PBB mengenai penyelidikan serangan senjata kimia di Suriah. Foto/Reuters

Moslemtoday.com : Duta Besar Inggris untuk PBB, Matthew Rycroft mengaku tidak habis pikir dengan keputusan Rusia yang memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB mengenai penyelidikan serangan senjata kimia di Suriah. Rycroft secara tersirat menilai Rusia tidak punya hati dengan memveto resolusi tersebut.

“Bagaimana orang bisa melihat wajah anak-anak tak bernyawa dan tetap memveto resolusi ini?” tanya Rycroft paska pemungutan suara di kantor pusat PBB di New York, seperti dilansir dari Aljazeera, Kamis (13/4/2017).

Sebelumnya, Presiden Rusia, Vladimir Putin, menolak tudingan bahwa pemerintah Suriah berada di balik dugaan seragan senjata kimia. Putin mengklaim Suriah telah menyerahkan semua pasokan senjata kimianya.

Secara keseluruhan, Rusia—sebagai salah satu dari lima anggota permanen Dewan Keamanan PBB—telah mengeluarkan delapan veto yang menggagalkan draf resolusi DK PBB terkait Suriah.

Selain Rusia, negara lain yang menolak adalah Bolivia. Adapun Cina, Ethiopia, Kazakhstan bersikap abstain. Sebanyak 10 negara anggota DK PBB lainnya mendukung draf resolusi tersebut.

Melalui draf resolusi itu, AS, Inggris, dan Prancis berniat meminta pemerintah Suriah mematuji rekomendasi tim pencari fakta Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) serta mekanisme tim gabungan OPCW-PBB. (DH/MTD)

Sumber : Aljazeera

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here