Trump Memberitahu Abbas Bahwa AS Akan Memindahkan Kedutaannya ke Jerusalem

2449

Moslemtoday.com : Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada pemimpin Palestina Mahmoud Abbas bahwa dia bermaksud untuk memindahkan kedutaan AS di Israel dari Tel Aviv ke Jerusalem, sebuah rencana yang akan menimbulkan kegaduhan baru dalam konflik Israel-Palestina.

Wafa, kantor berita resmi Otoritas Palestina (PA), melaporkan bahwa Trump menelepon Abbas untuk memberitahu Abbas tentang “niatnya” tersebut.

“Presiden Abbas memperingatkan konsekuensi berbahaya dari keputusan tersebut mengenai proses perdamaian dan keamanan, keamanan dan stabilitas wilayah dan dunia,” ungkap Nabil Abu Rudeina, juru bicara kepresidenan Palestina, seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (6/12/17).

Berbicara kepada wartawan pada hari Selasa, Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan bahwa Trump akan mengumumkan keputusannya tersebut pada hari Rabu ini.

Baca juga :

“Dia akan terus berdiskusi dengan pemangku kepentingan terkait, tapi dia akan membuat keputusannya sendiri sebagai keputusan terbaik untuk Amerika Serikat,” ungkap Sanders.

Ketika ditanya apakah Trump telah memutuskan, dia menjawab: “Presiden, saya katakan, cukup solid dalam pemikirannya saat ini.”

Sebelumnya pada hari Selasa, sebuah pernyataan dari istana kerajaan Jordania mengatakan bahwa Trump juga telah menelepon Raja Abdullah untuk memberitahukan kepadanya tentang niatnya untuk memindahkan kedutaan AS ke Jerusalem.

Raja Abdullah kemudian memperingatkan Trump bahwa keputusan tersebut akan memiliki “dampak yang berbahaya terhadap stabilitas dan keamanan kawasan ini” dan juga akan menimbulkan konflik baru antar Muslim-Kristen-Yahudi. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here