Trump Umumkan Pasukan AS Akan Segera Angkat Kaki dari Suriah

511

Moslemtoday.com : Presiden AS Donald Trump membuat sebuah pengumuman yang mengejutkan dengan mengatakan bahwa AS akan segera menarik pasukannya dari medan perang Suriah. Trump mengatakan bahwa perang melawan ISIS sudah berakhir dan dengan demikian tugas pasukan AS di Suriah sudah selesai.

“Kami akan segera keluar dari Suriah. Biarkan orang lain yang mengurusnya sekarang. Kita akan kembali ke negara kita, di mana seharusnya kita berada,” ungkap Trump, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu, (31/3/18).

Namun Trump tidak mengatakan siapa pihak lain yang mungkin akan mengurus Suriah. Tetapi Rusia dan Iran diketahui memiliki kekuatan yang cukup besar di negara tersebut dan merupakan pendukung utama rezim Bashar Assad

Trump mengatakan bahwa AS telah menghabiskan triliunan dolar di Timur Tengah, tetapi tidak mendapatkan “apa-apa” sebagai imbalannya.

“Kita telah menghabiskan $ 7 triliun dolar di Timur Tengah. Dan Anda tahu apa yang kami dapatkan untuk itu? Tidak ada,” tambah Trump, seperti dikutip dari Al Arabiya.

Trump kemudian mengatakan lebih baik mengalokasikan dana keuangan AS tersebut untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan pembangunan infrastruktur di AS.

Namun, pernyataan Trump bertolak belakang dengan pernyataan Rex Tillerson, mantan menteri luar negeri AS yang baru dipecat oleh Trump. Rex Tillerson mengatakan bahwa Pasukan AS harus tetap berada di Suriah sampai dipilihnya kembali presiden Suriah yang baru tanpa Bashar Asssad dan mencegah ISIS bangkit lagi. (DH/MTD)

Sumber : Reuters, Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here