Tujuh Orang Tewas dalam Baku Tembak di Perbatasan Kashmir

1096

Moslemtoday.com : Sebanyak tujuh orang tewas dalam baku tembak lintas perbatasan antara Pakistan dan India di Kashmir pada Sabtu (8/7) waktu setempat.

Aksi baku tembak itu terjadi saat ratusan militan dan aktivis politik turun ke jalan di Kashmir Pakistan untuk memperingati kematian Burhan Wani, seorang militan yang tewas oleh tentara setelah mendorong penduduk mayoritas Muslim di kawasan itu untuk bangkit melawan pasukan India.

Menurut keterangan dari polisi setempat, lima orang tewas di wilyah perbatasan sengketa Pakistan dan 10 lainnya terluka dalam baku tembak lintas batas itu.

Sedangkan juru bicara militer India mengatakan ada dua warga sipil terbunuh dan dua lainnya terluka di sisi perbatasan akibat penembakan tentara Pakistan. Demikian sebagaimana dilansir dari Al Jazeera.

Pemerintah Pakistan mengatakan mereka memanggil Wakil Komisaris Tinggi India JP Singh karena pelanggaran gencatan senjata yang dianggap tidak beralasan tersebut.

Kedua negara tetangga di Asia Selatan itu telah memperjuangkan dua dari tiga perang kedua negara sejak kemerdekaan pada tahun 1947 di Kashmir yang berpenduduk mayoritas Muslim.

Keduanya mengklaim secara keseluruhan wilayah tersebut namun memerintah sebagian. India menyalahkan Pakistan karena mendorong militan dari bagian Kashmir untuk melakukan serangan. Namunn tuduhan tersebut ditolak oleh Islamabad. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera 

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here