Turki Akan Membalas Jika AS Menghentikan Penjualan Senjata Ke Ankara

832
Presiden Erdogan : Turki Menjadi Target Perang Ekonomi Global

Moslemtoday.com : Turki akan membalas jika Amerika Serikat menghentikan penjualan senjata ke Turki. Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa Turki benar-benar akan membalas AS jika RUU yang diusulkan Kongres AS diberlakukan.

Kongres AS mengusulkan RUU anggaran Pertahanan sebesar $717 miliar dolar AS, termasuk didalamnya usulan untuk menghentikan penjualan senjata ke Turki. Menanggapi usulan tersebut, Cavusoglu mengatakan bahwa usulan dalam RUU itu salah, tidak logis dan tidak sesuai dengan kesepakatan sesama anggota NATO.

“Jika Amerika Serikat memberlakukan sanksi pada kami atau mengambil langkah seperti itu, Turki akan benar-benar membalas. Apa yang perlu dilakukan AS adalah menolak RUU tersebut,” ungkap Cavusoglu, seperti dilansir dari Reuters, Ahad, (6/5/18).

Amerika Serikat meradang dan mengancam akan menghentikan penjualan senjatanya ke Turki karena Turki menandatangani perjanjian dengan Moskow pada bulan Desember lalu untuk membeli rudal S-400 Rusia.

Langkah untuk membeli S-400 tersebut ditolak oleh negara-negara anggota NATO karena tidak sesuai dengan sistem NATO. NATO menolak penggunaan teknologi Rusia oleh para anggotanya dan memperingatkan Turki akan konsekwensi dari langkah ini.

Namun Cavusoglu menepis peringatan tersebut dan menyebut Amerika Serikat mencoba untuk mengendalikan Turki.

“Turki bukan negara di bawah perintah Anda. Kami adalah negara merdeka. Berbicara seperti itu kepada kami, mendikte apa yang bisa dibeli dan tidak bisa dibeli, bukanlah pendekatan yang benar dan tidak cocok dengan kebijakan Turki,” ujar Cavusoglu. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here