Turki dan Qatar Gelar Latihan Militer Gabungan di Teluk Arab

1203

Moslemtoday.com : Angkatan laut Turki dan Qatar telah melakukan latihan militer bersama di Teluk Arab pada Senin, (7/8), sebagai pertanda semakin meningkatnya hubungan militer di antara kedua negara. Ratusan tentara dari kedua negara ikut serta dalam latihan tersebut, yang dijuluki Iron Shield.

Panglima Militer Qatar mengatakan bahwa latihan tersebut bertujuan untuk untuk saling bertukar informasi, melatih keahlian pejabat militer dan meningkatkan koordinasi di antara kedua negara untuk meningkatkan keamanan.

Selain latihan angkatan laut, tentara Qatar dan Turki serta pasukan artileri juga ikut serta dalam latihan kemampuan dasar. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian dari tentara Qatar. Demikian seperti dilansir dari Al Jazeera.

Latihan ini merupakan bagian dari kesepakatan militer antara Ankara dan Doha yang ditandatangani pada 2014. Berdasarkan kesepakatan itu, Turki akan membangun pangkalan militer di Qatar. Ini juga merupakan kesepakatan pada bulan Desember 2015 yang memutuskan bahwa pasukan militer Turki akan melatih pasukan keamanan Qatar.

Turki dan Qatar adalah sekutu terdekat dalam isu-isu kebijakan luar negeri, seperti Penyelesaian Konflik Palestina-Israel, Suriah dan Mesir. Disisi lain, Turki dan Qatar merupakan negara pendukung utama gerakan Ikhwanul Muslimin. Turki menyatakan akan tetap bersama Qatar ketika Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain memberlakukan blokade darat, laut dan udara terhadap Qatar sejak 5 Juni 2017 lalu. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Weblink : http://www.aljazeera.com/news/2017/08/turkey-qatar-carry-joint-military-exercises-170808092759503.html

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here