Turki Kecam Macron Karena Dukung Majalah Le Point Prancis yang Sebut Erdogan “Diktator”

447

Moslemtoday.com : Turki mengecam Presiden Perancis Emmanuel Macron atas dukungannya pada majalah Prancis “Le Point” yang menyebut Presiden Erdogan sebagai “Sang Diktator”.

Cover depan majalah tersebut menampilkan foto presiden Erdogan dengan tulisan kata-kata : “Sang Diktator, seberapa jauh Erdogan akan berkuasa?”

Le Point mengatakan bahwa pihaknya telah mengalami pelecehan dan intimidasi dari para pendukung Erdogan setelah terbitnya majalah tersebut. Macron kemudian mengecam aksi tersebut dan mengatakan bahwa aksi semacam itu sama sekali tidak bisa diterima.

“Anda tidak bisa menghargai kebebasan pers, itu adalah kediktatoran,” ungkap Macron memberi dukungan kepada Le Point, seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu, (30/5/2018).

Menanggapi komentar Macron tersebut, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa para pendukung Erdogan di Prancis yang berusaha membongkar dan  menutup iklan majalah tersebut di pasaran sedang mengungkapkan kebebasan berekspresi mereka sendiri.

“Demokrasi tidak hanya terbatas pada menerima penghinaan, kutukan dan kebohongan oleh satu sisi tetapi juga dengan mempertimbangkan sudut pandang dan kepekaan yang lain,” ungkap Cavusoglu.

“Apa yang melampaui itu adalah kemunafikan. Dan itu adalah tanggapan bahwa komunitas Turki di Perancis telah menyatakan reaksi sipil dan demokratisnya,” tambah Cavusoglu. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here