Turki Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Mantan Anggota CIA

763
Mantan Wakil Kepala Dewan Intelijen Nasional CIA Graham E. Fuller. Pengadilan Istanbul mengeluarkan surat perintah penangkapan terkait dugaan keterlibatan Graham E. Fuller dengan Organisasi Teroris Fetullah. (File foto Anadolu Agency)

Moslemtoday.com : Pengadilan Istanbul pada Jumat mengeluarkan surat perintah penangkapan mantan anggota CIA akibat dugaan keterlibatan dengan Organisasi Teroris Fetullah atau FETO, kata otoritas pengadilan.

Surat itu ditujukan kepada Graham E. Fuller, mantan Wakil Kepala Dewan Intelijen Nasional di CIA yang sekarang bekerja sebagai profesor sejarah. Dia diduga terlibat operasi FETO menurut Biro Teror dan Kejahatan Terorganisir Kantor Kejaksaan Istanbul.

Fuller, menurut suatu laporan, membantu pemimpin FETO Fetullah Gulen tinggal di AS pada akhir 1990-an, telah terang-terangan mendukung Gulen di media massa AS.

FETO melancarkan upaya kudeta tahun lalu di Turki yang mengakibatkan sekitar 250 orang tewas.

Seorang otoritas pengadilan, yang memberikan keterangan secara anonim sebab dibatasi untuk memberikan keterangan kepada media, mengatakan bahwa surat perintah penangkapan itu dibuat terkait upaya Gulen merusak konstitusi Turki, untuk menggulingkan pemerintahan, mengintervensi tugas pemerintah, dan espionase.

Biro kontraterorisme di Istanbul telah melakukan sejumlah penahanan kelas atas dalam beberapa bulan terakhir.

Pada Oktober, Metin Topuz, seorang petugas penghubung antara Badan Penyelenggaraan Obat AS dengan aparat penegak hukum Turki di Istanbul ditangkap karena diduga terkait FETO.

Penahanan ini menyebabkan perseteruan politik antara Ankara dengan Washington.

Aparat hukum Turki juga telah menahan Osman Kavala, seorang filantropis kaya, pada Oktober. Aparat juga telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap mantan politisi Partai Republican People Aykan Erdemir yang sekarang tinggal dan bekerja di AS, dan profesor hubungan internasional yang tinggal di AS Henri Barkey.

Sumber : Anadolu Agency

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here