Turki Kembalikan Kepemilikan Biara Berusia 2000 Tahun ke Komunitas Syriac Ortodoks

4178

Moslemtoday.com : Kelompok minoritas Suriah di Provinsi Mardin, Turki menyambut baik kembalinya kepemilikan legal Biara Mor Gabriel ke komunitas mereka.

Wakil Perdana Menteri Hakan Cavusoglu mengatakan sebelumnya bahwa sebuah pemakaman Kristen Assyria milik biara tersebut telah secara keliru dipindahkan sebagai milik negara.

“Kini kami memindahkan biara ini kembali ke pemiliknya,” kata Cavusoglu.

Kuryakos Ergun, Kepala Yayasan Biara Mor Gabriel, mengatakan masalah tersebut muncul ketika status Kota Mardin diubah menjadi kota metropolitan pada tahun 2014.

Lepas itu akta peradilan biara, gereja dan pemakaman milik Yayasan Biara Mor Gabriel diserahkan ke kas negara Turki.

Setelah mendapat tentangan keras, Ergun mengatakan, status properti itu akhirnya dipindahkan ke Direktorat Agama dan kemudian Direktorat Jenderal Yayasan.

“Kami sangat menghargai pemindahan tangan biara berusia 2000 tahun ini beserta gereja dan ladang-ladang yang berhubungan dengannya. Ini adalah properti yayasan dan negara kami,” katanya.

Patriark Gereja Mor Behnam Gabriel Akyuz menyambut pernyataan Cavusoglu, yang menggambarkannya sebagai ‘kabar baik’.

“Kami juga meminta [Cavusoglu] untuk mentransfer [kepemilikan] gereja lain, biara dan kuburan, tidak hanya Biara Mor Gabriel. Ini adalah properti gereja Syriac, dan kebanyakan dari mereka berasal dari abad keempat, kelima dan keenam,” kata Akyuz.

Kuasa hukum Mor Gabriel Monastery Foundation Mahmut Guven mengatakan proses pemindahan nantinya dilakukan oleh pejabat berwenang.

Sumber : Anadolu Agency

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here