Turki Memberikan Arsip Tanah Ottoman ke Otoritas Palestina untuk Melawan Klaim Tanah Israel

2580

Moslemtoday.com : Turki memberikan arsip tanah di era Kekhalifahan Ottoman kepada Otoritas Palestina untuk membuktikan kepemilikan tanah Palestina yang di klaim sepihak oleh Israel. Arsip itu berisi puluhan ribu dokumen pendaftaran perumahan di tanah Kekhalifahan Ottoman, yang memerintah Palestina selama 4 abad pada tahun 1516-1917.

Dilansir dari Kantor berita Turki, Anadolu Agency, : “Pemerintah Turki yang dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan membantu Palestina membuktikan hak mereka atas tanah yang diduduki oleh Israel, terutama di Yerusalem dan Tepi Barat dengan memberikan arsip tanah Ottoman kepada Palestina.

Dokumen arsip tanah Ottoman tersebut awalnya di simpan di Kedutaan Palestina di Ankara, Turki. Pada Maret tahun lalu, sebagian arsip telah dipindahkan ke Betlehem, Palestina.

Menteri Wakaf Palestina, Yusuf Adais mengawasi upacara pengarsipan di Betlehem, di mana ia menerima file yang terkait dengan aset tanah di Betlehem dan Yerusalem.

Otoritas Palestina secara rutin memeriksa dokumen tersebut untuk membantu mereka dalam pertempuran hukum yang mereka lakukan atas kepemilikan banyak tanah, terutama di wilayah Yerusalem.

Sejak arsip diterima, pertarungan yudisial atas perumahan dan bidang tanah yang diperebutkan oleh orang-orang Yahudi dan Arab telah meningkat di Kota Tua Yerusalem. Hakim Musa Shakarnah, kepala akta pendaftaran Otoritas Tanah Palestina mengatakan dengan bantuan arsip ini dapat membantu orang-orang Palestina untuk mendapatkan hak mereka kembali. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here