Turki memecat 2.766 pegawai sipil karena terlibat dengan “Organisasi Teroris FETO”

604
Fethullah Gulen

Moslemtoday.com : Turki telah memecat 2.766 pegawai sipil dari jabatan mereka di lembaga negara karena terlibat dengan organisasi teroris “FETO”.

Sebuah Dekrit yang dikeluarkan Kantor Berita Resmi Turki hari Ahad, (24/12/17) mengumumkan pemecatan 637 tentara, 360 anggota gendarmerie (polisi militer), 61 polisi dan empat petugas keamanan. Sisanya pegawai negeri di lembaga-lembaga pelayanan publik.

Dilansir dari Al Jazeera, Selasa, (26/12/17), Turki telah menahan atau memecat puluhan ribu orang dari lembaga negara setelah usaha kudeta yang gagal pada Juli 2016.

Kelompok hak asasi lokal dan internasional serta sekutu Barat Turki menyebut pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdogan menggunakan kudeta yang gagal tersebut sebagai dalih untuk membungkam lawan politiknya dan semakin memperkuat kekuasaannya di negara tersebut .

FETO adalah sebutan bagi organisasi yang menganut paham Gulen. Mereka dituduh jadi otak kudeta militer yang gagal bulan Juli lalu. Sejak saat itu, pemerintah Turki melancarkan aksi membersihkan Gulenis. Turki menetapkan gerakan Gulen sebagai kelompok teroris pada 2015.

Pemerintah Turki mengatakan bahwa pembersihan dan penahanan ditujukan untuk menyingkirkan pendukung Fethullah Gulen dari institusi negara dan organisasi masyarakat lainnya. Fethullah Gulen adalah seorang ulama sufi Turki yang saat ini tinggal di pengasingan di Pennsylvania, Amerika Serikat sejak 1999. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2017) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here