Turki Mengalokasikan Dana $ 5 Miliar Dolar untuk Rekonstruksi Irak

1291

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavuşoğlu mengatakan bahwa Turki akan mengalokasikan dana dan investasi senilai $ 5 miliar dolar untuk rekonstruksi Irak kembali pasca dilanda perang melawan ISIS.

Turki akan membantu membangun kembali kota-kota utama di Irak, meliputi : Kirkuk, Mosul, Tal Afar, Baghdad, Irbil dan Sulaymaniyah melalui Badan Kerjasama dan Pengembangan Internasional Turki (TIKA) untuk membantu warga Irak kembali ke rumah mereka. Hal itu diungkapkan Cavusoglu dalam pertemuan Dewan Menteri di Kuwait, Rabu, (14/2/18).

Turki mengatakan bahwa banyak warga Irak akan memiliki pekerjaan dan bisa kembali ke rumah mereka. Turki juga menyatakan siap melakukan pembiayaan untuk 200 proyek di 10 sektor, termasuk pendidikan, kesehatan, transportasi dan pertanian.

Irak melaporkan membutuhkan biaya $ 88,2 miliar untuk membangun kembali negara tersebut setelah hancur dalam perang melawan ISIS. Irak mengatakan bahwa pembangunan rumah bagi penduduk merupakan prioritas yang sangat mendesak.

Kuwait telah menyelenggarakan konferensi donor internasional untuk mengumpulkan dana bagi Irak, menjanjikan pinjaman senilai $ 1 miliar dolar dan investasi langsung senilai $ 1 miliar dolar.

Sementara itu, Arab Saudi mengalokasikan $ 1 miliar dolar untuk proyek investasi di Irak dan $ 500 juta dolar untuk mendukung ekspor Irak.

Qatar mengatakan akan mengalokasikan $ 1 miliar dolar, dan Uni Emirat Arab menjanjikan investasi $ 500 juta dolar. (DH/MTD)

Sumber : Daily Sabah | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here