Turki menolak langkah ‘inkonstitusional’ untuk menggulingkan Rezim Iran

734
Foto : Wakil Perdana Menteri Turki dan Juru Bicara Pemerintah Bekir Bozdag

Moslemtoday.com : Turki menolak setiap upaya inkonstitusional untuk menggulingkan pemerintahan Iran yang sah saat ini di bawah kepemimpinan Presiden Hassan Rouhani.

“Turki menentang langkah untuk berkuasa melalui cara-cara yang tidak konstitusional dan melanggar hukum atau dengan menggunakan intervensi kekerasan atau kudeta,” ungkap Bekir Bozdag, Wakil Perdana Menteri dan Juru Bicara Pemerintah Turki, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Rabu, (3/1/18).

Bekir meminta pemerintah Iran dan rakyat untuk berhati-hati terhadap aksi provokasi dan menjaga stabilitas dan ketenangan di Iran. Bekir menambahkan bahwa Turki memantau kejadian di Iran dengan sangat ketat, dia mengatakan: “Perdamaian dan stabilitas di Iran sangat penting bagi rakyat Iran dan wilayah kita.”

Bekir mengungkapkan bahwa kekacauan atau konflik di Iran akan menyebabkan kerusuhan di kawasan tersebut.

Ribuan orang Iran memadati jalan-jalan pada hari Kamis di kota-kota di timur laut Masyhad dan Kashmar untuk memprotes kenaikan harga komoditas dan menentang rezim-Iran. Aksi demonstrasi dengan cepat menyebar ke belasan kota-kota utama di Iran, termasuk di ibukota Teheran.

Sedikitnya 23 orang telah tewas dan lebih dari 500 orang dilaporkan telah ditahan sejak demonstrasi dimulai, 200 di antaranya di Teheran.

Negara-negara seperti : Amerika Serikat, Inggris dan Kanada telah menyatakan keprihatinannya atas penahanan tersebut, sementara pemerintah Iran berpendapat bahwa demonstrasi tersebut diprovokasi oleh pihak asing.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Sayyid Ali Khamenei menuduh musuh Republik Islam melakukan kerusuhan di negara tersebut. “Musuh Iran, yang bersekutu dengan organ keamanan, ingin menimbulkan masalah untuk Iran dengan menggunakan berbagai cara, seperti uang, senjata, dan politik,” ungkap Khamenei. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here