Turki Raih Peringkat Ketiga dalam Pertumbuhan Ekonomi di antara Negara G-20

1648

Moslemtoday.com : Turki meraih peringkat ketiga dalam pertumbuhan ekonomi di antara negara-negara anggota G-20 karena mengalami pertumbuhan ekonomi rata-rata mencapai 5 persen selama kuartal pertama tahun 2017.

Menteri Perekonomian Turki, Nihat Zeybekci mengatakan dalam konferensi pers-nya bahwa Turki mencapai pertumbuhan ekonomi 5 persen pada kuartal pertama dan memperkirakan akan melebihi 5 persen di Kuartal kedua, 7 persen pada kuartal ketiga dan 5,5 persen pada akhir tahun 2017.

Pertumbuhan ekonomi ini tidak lepas dari kebijakan ekonomi Turki. Dalam laporannya tersebut, Komite Pangan Pemerintah mengumumkan bahwa Turki telah menyesuaikan pajak dalam upaya menurunkan harga daging. Turki juga memberlakukan kebijakan eksportir harus mematuhi standar untuk mengurangi fluktuasi harga pangan.

Para ekonom di Turki telah lama mengatakan bahwa reformasi drastis diperlukan untuk menahan harga pangan dan menjaga inflasi tetap terkendali. Sementara itu, aset eksternal Turki juga naik tahun ini sebesar 3,8 persen pada semester pertama yang mencapai $ 223,7 miliar dibandingkan dengan akhir 2016, menurut laporan Bank Sentral Turki.

G-20 atau The Group of Twenty (G-20) Finance Ministers and Central Bank Governors adalah Kelompok 20 negara ekonomi utama. Kelompok ini dibentuk tahun 1999 sebagai forum yang secara sistematis menghimpun kekuatan-kekuatan ekonomi maju dan berkembang untuk membahas isu-isu penting perekonomian dunia. (DH/MTD)

Redaktur : Deli Abdullah
Sumber : Asharq Al Awsat

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here