Turki Siap Berperang dengan Suriah Jika Assad Dukung YPG Kurdi

824

Moslemtoday.com : Pasukan pemerintah Rezim Assad mulai memasuki wilayah Afrin untuk membantu milisi YPG Kurdi menghadapi serangan dari Turki. Televisi pemerintah Suriah menunjukkan video konvoi pasukan pro-Assad yang dikerahkan untuk membantu menangkis serangan militer Turki terhadap milisi YPG Kurdi tersebut.

“Pemerintah Suriah telah menanggapi seruan tugas tersebut dan mengirim pasukan militer pada hari ini untuk ditempatkan di sepanjang perbatasan untuk membantu kami dan berperan dalam mempertahankan kesatuan wilayah dan perbatasan Suriah,” ungkap juru bicara YPG Kurdi Nouri Mahmoud, seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (21/2/18).

Televisi pemerintah Suriah menunjukkan sekitar 20 kendaraan dengan senjata berat memasuki Afrin dari desa terdekat Nubul. Puluhan orang bersenjata di kendaraan tersebut melambai-lambaikan bendera Suriah dan meneriakkan slogan-slogan pro-Assad.

Pasukan Turki menembakkan “tembakan peringatan” ke pasukan pro-Assad saat memasuki wilayah tersebut menuju kota Afrin. “Kelompok teroris pro-rezim yang mencoba maju ke arah Afrin mundur sejauh sekitar 10 kilometer dari kota karena adanya tembakan peringatan,” kata kantor berita negara Turki, Anadolu.

Penembakan tersebut menandai eskalasi serius yang selanjutnya mengacak-acak medan perang di Suriah yang sudah berantakan.

Sebelumnya pada hari Senin kemarin, Menteri luar negeri Turki, Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa militernya akan siap berperang jika pasukan pro-Suriah turun tangan di Afrin untuk membantu YPG Kurdi.

Ankara melihat YPG sebagai bagian dari Partai Pekerja Kurdistan yang dilarang (PKK) di Turki, yang telah melakukan pemberontakan berdarah selama beberapa dekade melawan negara Turki di bagian tenggara negara tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here