UEA dan Arab Saudi Bentuk Aliansi Baru yang Terpisah dari GCC

951

Moslemtoday.com : Uni Emirat Arab dan Arab Saudi membentuk aliansi baru dalam kemitraan militer dan perdagangan yang terpisah dari Dewan Kerjasama Teluk / Gulf Cooperation Council (GCC).

Pembentukan aliansi ini terjadi ditengah bergulirnya KTT GCC di Kuwait yang gagal mencapai solusi untuk menyelesaikan ketegangan antara negara-negara anggota GCC. GCC adalah aliansi politik dan ekonomi dari enam negara Jazirah Arab : Qatar, Bahrain, Arab Saudi, UEA, Kuwait dan Oman.

Menurut pernyataan dari kementerian luar negeri UEA, Aliansi baru ini dibentuk untuk meningkatkan kerja sama dan koordinasi antara UEA dan Arab Saudi di semua bidang militer, politik, ekonomi, perdagangan dan budaya untuk kepentingan kedua negara.

UEA dan Arab Saudi telah mengembangkan hubungan yang semakin dekat dalam beberapa tahun terakhir. Pasukan UEA terlibat langsung dalam Koalisi Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi di Yaman. Putra mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammad bin Zayed Al Nayhan, juga memiliki hubungan akrab dengan Putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Pengumuman UEA tersebut tidak mengatakan apakah negara-negara Teluk Arab lainnya akan diundang untuk bergabung dalam aliansi baru tersebut namun pembentukan aliansi ini dinilai akan menekan eksistensi GCC.

Arab Saudi berusaha untuk mengajak negara-negara Teluk memiliki kebijakan anti-Iran. Sementara UEA percaya bahwa kepentingannya paling baik dilayani oleh sebuah aliansi dengan Arab Saudi, dan Bahrain diharapkan juga akan mengikuti langkah mereka. (DH/MTD)

Sumber : Daily Sabah | Al Jazeera | Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here