UEA Ingatkan Erdogan : “Turki Seharusnya Menghormati Kedaulatan Negara-negara Arab”

3020

Moslemtoday.com : Uni Emirat Arab (UEA) mengingatkan Presiden Erdogan untuk menghormati kedaulatan negara-negara Arab di tengah semakin memanasnya krisis Teluk antara Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Qatar yang sudah memasuki bulan ke-9 sejak awal juni 2017 lalu.

“Harus diakui bahwa hubungan Arab dan Turki saat ini tidaklah dalam kondisi yang baik. Kami mengingatkan Ankara untuk kembali pada posisi netral sebagaimana semula. Turki harus mempertimbangkan kembali kebijakannya dan menghormati kedaulatan negara-negara Arab,” ungkap Dr. Anwar Gargash, Menteri Luar Negeri UEA, seperti dilansir dari Al Arabiya, Sabtu, (10/3/18).

Gargash juga mengingatkan kepada Ankara untuk berhubungan dengan negara-negara saudaranya di dunia Arab dengan bijak dan rasional. “Dukungan yang diberikan kepada mereka-mereka yang menyebabkan kekacauan di kawasan ini bukanlah merupakan pendekatan yang rasional,” ungkap Gargash menyoroti kedekatan Turki-Iran dan Qatar.

“Dunia Arab tidak akan membiarkan siapapun berusaha untuk ikut campur dalam situasi yang tidak permanen ini. Dengan demikian, kami memperingatkan tetangga-tetangga kami di kawasan ini ketika berurusan dengan Arab untuk membedakan antara fakta dan mitos,” tegas Gargash.

Saat ini, hubungan antara Arab Saudi dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dilaporkan sedang berada pada posisi terendah, seperti dikutip dari Al Jazeera. Turki memberikan dukungan penuh terhadap Qatar saat Arab Saudi dan tiga negara Arab lainnya memberlakukan blokade terhadap Qatar. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here