Ulama Pakistan Mengeluarkan Fatwa Haram Bom Bunuh Diri

471

Moslemtoday.com : Lebih dari 1.800 ulama Pakistan sepakat mengeluarkan sebuah fatwa yang mengharamkan bom bunuh diri. Fatwa tersebut disahkan dan diresmikan oleh pemerintah pada hari Selasa ini.

Pakistan telah bertahun-tahun dilanda kekerasan oleh militan teroris yang sering menggunakan pemboman bunuh diri dan  mengklaim bahwa perjuangan mereka adalah perang suci untuk menegakkan syariat Islam.

Serangan bunuh diri sering dikutuk sebagai fanatik dan tidak bermoral, terutama saat warga sipil terbunuh, namun gerilyawan menganggap taktik tersebut sebagai senjata paling efektif mereka.

Para ulama Pakistan sepakat menyatakan bahwa pemboman bunuh diri itu dilarang, atau “haram”, dan bertentangan dengan ajaran Islam.

“Fatwa ini memberikan dasar kuat bagi stabilitas masyarakat Islam moderat,” ungkap Presiden Pakistan, Mamnoon Hussain yang mengesahkan fatwa tersebut, seperti dilansir dari Reuters, Selasa, (16/1/18).

Mamnoon Hussain menambahkan : “Kita bisa mencari panduan dari Fatwa ini untuk membangun pemahaman nasional guna mengurangi ekstremisme sesuai prinsip emas Islam.”

Para ulama Pakistan menyatakan bahwa : “Tidak ada individu atau kelompok yang memiliki wewenang untuk menyatakan dan melakukan jihad (perang suci). Bom bunuh diri bertentangan dengan ajaran Islam dan Islam tidak mengajarkan hal yang demikian.”

Fatwa tersebut dirilis dalam sebuah buku yang diterbitkan oleh Universitas Islam Internasional Pakistan yang dikelola negara dan Presiden Mamnoon Hussain dijadwalkan akan melaunching secara resmi penerbitan buku tersebut di ibukota Islamabad. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here