Ulama Syiah Irak Terkemuka, Muqtada Al-Sadr Desak Bashar Assad untuk Lengser

2920

Moslemtoday.com : Ulama Syiah yang berpengaruh di Irak, Muqtada al-Sadr, mendesak Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk lengser. Al-Sadr juga meminta Amerika Serikat (AS) dan Rusia untuk tidak ikut campur lagi dalam konflik Suriah.

Ulama yang berbasis di Najaf ini mengutuk pembunuhan 87 orang, termasuk 31 anak-anak, dalam insiden serangan kimia oleh rezim Assad di Khan Sheikhoun, Idlib.

”Saya menyerukan secara adil kepada Presiden Bashar al-Assad agar mengundurkan diri dan meninggalkan kekuasaan, yang memungkinkan orang-orang terkasih dari Suriah terhindar dari bencana perang dan penindasan lebih parah,” katanya dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Al Arabiya, Ahad, (9/4/2017).

Sadr, yang memimpin milisi untuk melawan pendudukan pasukan AS di Irak, juga mengutuk serangan rudal Tomahawk. Dia mendesak semua pihak asing yang terlibat dalam konflik Suriah agar menarik diri.

”Saya menyerukan semua pihak untuk menarik aset militer mereka dari Suriah sehingga rakyat Suriah dapat mengambil hal-hal dengan tangan mereka sendiri. Mereka adalah satu-satunya yang berhak untuk menentukan nasib mereka,” ujarnya.

Beberapa milisi Syiah Irak, yang didukung langsung oleh Iran, membantu kamp Assad dalam konflik Suriah dengan mengirimkan unit pertempuran artileri di seberang perbatasan Suriah. (DH/MTD)

Sumber : Al-Arabiya

comments

Loading...

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here