Umroh Dihentikan Sementara, Pemerintah Imbau Calon Jamaah untuk Tetap Tenang dan Bersabar

849

Moslemtoday.com : Pemerintah Indonesia menghormati kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait penghentian sementara visa umrah untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) ke Arab Saudi.

“Kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi, Kita menghargai. Kita menghormati karena apapun yang namanya kesehatan itu memang dinomorsatukan oleh Pemerintah Arab Saudi. Kita menghargai, sangat menghargai itu,” ujar Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, seperti dikutip dari Setkab.go.id, Kamis (27/2/2020).

Lebih lanjut, Presiden menyampaikan bahwa penghentian visa umrah tersebut berlaku tidak hanya untuk Indonesia, tapi semua negara. “Untuk semua negara yang karena mereka ingin memproteksi, melindungi warga negaranya dari virus Corona. Kita sangat menghargai itu,” tambah Presiden Jokowi.

Dirjen PHU Kemenag RI juga menyampaikan bahwa pihaknya telah meminta jajarannya untuk sidak ke Bandara sebagai antisipasi banyaknya jamaah yang tertahan di bandara.

“Kami meminta semua Jemaah umrah Indonesia untuk bersabar sambil menunggu pemerintah Arab Saudi membuka kembali. Dan meminta para pengelola biro perjalanan umrah untuk pro aktif mengelola informasi kepada para jemaahnya,” ungkap Ubaidillah Amin Moch, Stafsus Menteri Agama RI.

Sementara itu, Kedutaan Besar RI di Riyadh mengatakan sedang mengupayakan agar jamaah Umroh Indonesia tetap bisa masuk ke Arab Saudi. “Ya, betul (WNI juga tidak bisa melaksanakan umrah sementara). Kami sedang berusaha melobi Saudi karena Indonesia tidak termasuk negara yang terpapar corona,” ucap Duta Besar Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel dalam keterangannya. (DH/MTD)

Sumber : Setkab.go.id, CNN Indonesia, Press Release | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here