Uni Eropa Jatuhkan Sanksi Terhadap Dinas Intelijen Iran

78

Moslemtoday.com : Uni Eropa menjatuhkan sanksi terhadap terhadap Dinas Intelijen Iran atas dugaan plot pembunuhan yang direncanakan oleh Teheran terhadap lawan politik rezim Iran yang berada di Belanda, Denmark dan Prancis.

Langkah itu diambil oleh Uni Eropa setelah Belanda mengumumkan hasil penyelidikan bahwa Teheran berada di balik pembunuhan dua orang tokoh oposisi Iran di wilayah hukum Belanda pada tahun 2015 dan 2017.

“Uni Eropa baru saja setuju untuk memberlakukan sanksi terhadap Dinas Intelijen Iran karena rencana pembunuhannya di tanah Eropa. Ini merupakan sinyal kuat dari blok kita bahwa kita tidak akan menerima perilaku seperti itu di tanah Eropa,” kata Menteri Luar Negeri Denmark, Anders Samuelsen di Twitter, seperti dilansir dari Reuters, Rabu, (9/1/2019).

Dengan diberlakukannya sanksi tersebut, Uni Eropa telah membekukan dana dan aset keuangan dari Dinas Intelijen Iran dan dua orang stafnya.

Sementara itu, Iran membantah terlibat dalam dugaan plot pembunuhan tersebut. Iran mengatakan bahwa tuduhan itu dimaksudkan untuk merusak hubungan Uni Eropa-Iran di tengah embargo ekonomi dan sanksi AS terhadap Iran. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here