UNP Launching Program “Kampus Mengaji” bersama Menristekdikti

1271

Moslemtoday.com : Kegiatan Kampus Mengaji di UNP, digelar di Masjid Raya Al Azhar pada hari Rabu 22 Februari 2017. Kegiatan Kampus Mengaji adalah implementasi dari Program Nasional “Gerakan Nusantara Mengaji”. Hadir Rektor,  para Anggota Senat, Wakil Rektor, Pimpinan Universitas dan Fakultas, Direktur Pascasarjana , Unsur Pimpinan lainnya serta Mahasiswa UNP.

Dilansir dari laman Unp.ac.id, kegiatan ini diawali dengan sambutan Koordinator Nasional Gerakan Nusantara Mengaji, Bapak H. Zazilul Fawaid, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar dengan banyak mengaji dapat meningkatkan sikap dan karakter mahasiswa sehingga menghasilkan lulusan yang cerdas dan trampil bukan hanya dalam skill sesuai dengan bidang ilmu masing-masing namun juga cerdas secara emosional.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof. Mohammad Nasir, membuka program “Kampus Mengaji dan Subuh Mubarokah” di Masjid Raya Al-Azhar Universitas Negeri Padang (UNP), Rabu (22/2/2017).

Tujuan utama kegiatan ini menurut Mohammad Nasir untuk mewujudkan generasi yang religius, agar bangsa semakin aman, dan tenteram. Ia berpendapat “Kampus Mengaji” merupakan bagian dari revolusi mental untuk mengatasi penyebaran paham radikalisme di lingkungan kampus. “Semoga bangsa Indonesia tetap rukun dan damai dengan budaya cinta Al-Qur’an, dan kembali mengaji bersama,” ungkapnya.

Sementara Rektor UNP, Prof. Dr. Ganefri, Ph.D., menyebutkan gerakan “Kampus Mengaji” ini sebagai salah satu jalan UNP untuk mewujudkan kampus yang religius. Selain dididik secara kognitif, ilmu pengetahuan dan teknologi, namun mahasiswa juga harus dididik secara cerdar dari segi spiritual.

Prof. Ganefri juga mengatakan UNP berkomitmen untuk mencetak mahasiswa yang cerdas, agamis, dan bermoral. Selain “Kampus Mengaji”, subuh mubarokah setiap Jumat pagi, UNP juga memberikan kemudahan bagi penghafal Al-Qur’an, qori dan qoriah untuk melanjutkan studi di UNP.

“Mudah-mudahan kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas mental serta karakter mahasiswa, dan dosen. Ke depan kita akan menggerakkan magrib mengaji, dan subuh berjamaah bagi civitas akademika UNP,” ujar Prof. Ganefri. (DH/MTD)

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here