Untuk Pertama Kalinya, Wajah Assad Muncul di Mata Uang Suriah

1550

Moslemtoday.com : Untuk pertama kalinya, wajah Presiden Suriah Bashar al-Assad muncul di mata uang Suriah, Potret Assad muncul dalam pecahan uang 2000 pound Suriah. Uang tersebut mulai diedarkan pada Ahad (2/7) di sejumlah provinsi di Suriah, termasuk Damaskus.

Gubernur Bank Sentral Suriah Duraid Durgham mengatakan bahwa uang kertas dengan potret Assad merupakan satu dari beberapa uang kertas terbaru yang dicetak tahun lalu. “Namun keputusan untuk mengedarkannya tertunda karena keadaan perang dan fluktuasi nilai tukar,” ujarnya seperti dilansir dari Al Jazeera, Senin, (3/7/2017).

Durgham melihat saat ini adalah momen yang tepat untuk mensirkulasikan uang baru itu. Sirkulasi uang bergambar wajah Assad sendiri di mulai dari Damaskus dan beberapa provinsi.

Mata uang Suriah sebelumnya hanya menampilkan gambar ikon bersejarah dan potret ayah Assad, yakni Hafez al-Assad. Wajad Hafez al-Assad muncul di uang logam dan uang kertas 1.000 pound versi lama yang sampai saat ini masih beredar.

Nilai mata uang Suriah merosot tajam setelah konflik pecah pada 2011 lalu.  Inflasi juga meningkat tajam dan sempat menyentuh 120 persen pada 2013. Pada 2016, inflasi di Suriah diprediksi mencapai 50 persen. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Weblink : http://www.aljazeera.com/news/2017/07/assad-syrian-banknote-170703045321143.html

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here