Update: Amerika Serikat Pimpin Dunia dalam Kasus Infeksi Virus Corona Melampaui China dan Italia

868

Moslemtoday.com : Amerika Serikat sekarang memimpin dalam jumlah kasus infeksi virus corona (Covid-19) terbanyak di dunia melampaui China dan Italia. Hal ini berdasarkan data yang dirilis oleh John Hopkins University dan Worldometer yang dapat diakses secara realtime.

Menurut data yang dirilis Worldometer pada Jumat, 27 Maret 2020 pada pukul 22.30 WIB, Jumlah kasus konfirmasi positif di Amerika Serikat adalah 86.548 kasus, dengan 1.321 orang telah meninggal dunia, sementara itu 1.889 yang dinyatakan sembuh.

Sementara itu di China yang merupakan asal dari virus corona (Covid-19), jumlah kasus positif 81.340, dengan 3.292 orang meninggal dunia dan 74.588 telah dinyatakan sembuh. Sedangkan Italia, memiliki jumlah kematian terbanyak di dunia sebanyak 8.215 orang, jumlah kasus positif sebanyak 80.589 dan yang sembuh 10.361.

Dikutip dari NY Times, para ilmuwan sebelumnya telah memperingatkan bahwa AS akan menderita wabah virus corona terparah di dunia dan prediksi para ilmuwan itu telah tiba saat ini.

Dengan 330 juta penduduk, Amerika Serikat adalah negara terpadat ketiga di dunia, yang berarti menyediakan banyak orang yang berpotensi besar terjangkit virus corona (Covid-19).
“Ini bisa dihentikan dengan menerapkan pengujian dan pengawasan lebih awal, misalnya ketika kasus impor pertama kali diidentifikasi. Namun sepertinya hal itu sudah terlambat,” kata Angela Rasmussen, seorang ahli virus di Universitas Columbia di New York, seperti dikutip dari NY Times, Jumat, (27/3/2020).

“Sekarang, yang bisa kita lakukan adalah memperlambat transmisi sebanyak mungkin dengan tetap tinggal di dalam rumah kita. Saat ini kita perlu meningkatkan produksi peralatan pelindung pribadi, bahan yang dibutuhkan untuk pengujian, dan ventilator,” kata Dr. Sara Keller, spesialis penyakit menular di Johns Hopkins Medicine. (DH/MTD)

Sumber : jhu.edu, Worldometer, NY Times | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here