Update Corona di Saudi: Makkah dan Madinah Lockdown Total, 24 Jam di dalam Rumah

1459

Moslemtoday.com : Arab Saudi memberlakukan lockdown total di Kota Makkah dan Madinah, yang itu artinya warga tidak boleh keluar rumah selama 24 jam penuh mulai hari ini, Kamis, 2 April 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Penduduk di kedua kota dapat keluar rumah hanya untuk alasan yang diperlukan seperti membeli makanan dan untuk perawatan medis pada antara pukul 6 pagi sampai jam 3 sore. Warga dilarang memasuki atau keluar kota Makkah dan Madinah.

Berikut rincian lockdown total Kota Makkah dan Madinah, seperti dilansir dari Saudi Gazette, Kamis, (2/4/2020) :

1- Jam malam akan berlaku di semua bagian kota Makkah dan Madinah selama 24 jam setiap hari, dengan larangan masuk dan keluar dari dua kota, mulai hari ini hingga pemberitahuan lebih lanjut. Larangan masuk dan keluar tidak termasuk bagi pekerja sektor pemerintah dan swasta, yang pekerjaannya memerlukan kinerja berkelanjutan selama periode larangan.

2- Warga Mekah dan Madinah diizinkan meninggalkan rumah hanya untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan seperti perawatan kesehatan dan persediaan makanan di lingkungan tempat mereka tinggal selama periode dari jam 6:00 pagi sampai jam 3 sore setiap hari.
3- Melarang praktik kegiatan komersial apa pun di lingkungan perumahan di Makkah dan Madinah, kecuali untuk apotek dan toko makanan, pompa bensin, dan layanan perbankan.

4 – Membatasi transportasi kendaraan di lingkungan perumahan di Makkah dan Madinah bagi orang-orang untuk memenuhi kebutuhan mereka yang diperlukan dan itu hanya untuk satu orang, selain pengemudi kendaraan sehingga dapat menurunkan kontak dengan orang lain seminimal mungkin.

Kementerian Dalam Negeri meminta semua warga negara dan ekspatriat untuk menggunakan layanan pengiriman ekspres melalui Aplikasi ponsel pintar untuk memesan pengiriman makanan dan pasokan medis ke rumah mereka.

Kementerian meyakinkan orang-orang bahwa langkah-langkah ini diambil dalam kerangka upaya Kerajaan untuk menjaga kesehatan masyarakat dan mencegah penyebaran virus corona, dan keputusan ini akan terus menerus dievaluasi oleh otoritas kesehatan terkait.

Pada Kamis, 2 April 2020, Arab Saudi kembali melaporkan 165 kasus baru konfirmasi positif virus corona (COVID-19), sehingga jumlah total kasus di Kerajaan hingga saat ini adalah 1.885 positif, 21 orang telah meninggal dunia dan 328 orang dinyatakan sembuh. Sedangkan pasien positif corona di Kota Makkah dan Madinah telah berjumlah ratusan orang. (DH/MTD)

Sumber : Saudi Gazette, @SaudiMOH | Redaktur : Hermanto Deli

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here