(Update) Peta Terbaru Perang Suriah

2274

Moslemtoday.com : Perang Suriah adalah sebuah konflik bersenjata berbagai pihak dengan intervensi internasional yang telah berlangsung lebih dari lima tahun sampai saat ini. Perang melibatkan Rezim Suriah Bashar Assad, Kelompok Oposisi Suriah, Pasukan Demokratik Suriah, ISIS dan kelompok Mujahidin Suriah (Jaisy Al Islam, Jabh Al Fath Syam, Ahrar Syam dan Faksi Mujahidin Lainnya).

Semua pihak mendapatkan dukungan besar dari berbagai aktor asing, dan banyak yang mengarahkan untuk melabelinya sebagai perang proksi yang dilancarkan oleh negara-negara besar regional dan dunia, seperti Rusia, Amerika Serikat, Inggris, Turki, Iran dan Arab Saudi.

Setelah bertahun-tahun perang berlangsung, kini Suriah menjadi negara yang terbengkalai. Ribuan orang telah meninggal, jutaan orang telah melarikan diri. Perangpun belum berakhir, kelompok-kelompok yang terlibat terus berjuang untuk menguasai sebagian besar negara tersebut.

Rezin Suriah, ISIS, faksi Kurdi, dan kelompok oposisi bersama Mujahidin Suriah masih berjuang untuk menguasai wilayah penting di negara ini. Rezim Suriah yang dibantu langsung oleh Rusia dan Iran, telah menguasai beberapa wilayah selama beberapa bulan terakhir, mengeluarkan ISIS dari Palmyra dan tempat-tempat penting lainnya.

Pada akhir tahun 2016, Rezim Suriah merebut Aleppo dari Mujahidin, salah satu medan pertempuran terberat dalam konflik tersebut. Sementara itu, pejuang pemberontak Kurdi telah memperoleh keuntungan di wilayah bagian utara Suriah, dengan merebut wilayah yang dikuasai ISIS karena kalah dalam pertemputan.

Pasukan Turki baru-baru ini juga ikut bergabung bersama oposisi dalam perang melawan ISIS, mengusir kelompok tersebut dari kota Jarablus. ISIS tidak hanya kehilangan wilayah di Suriah, tapi juga di Irak, di mana orang Kurdi dan Pasukan Keamanan Irak perlahan-lahan menuju benteng terakhir ISIL, Mosul.

Berikut kondisi terbaru saat ini “Peta Perang Suriah” yang menunjukkan siapa mengendalikan wilayah setalah lebih dari lima tahun perang berlangsung :

Keterangan :
– Syrian Government Forces (Tentara Rezim Suriah)
– ISIL (Negara Islam Irak dan Syam / ISIS)
– Kurdish Forces (Tentara Kurdi)
– Rebel Forces (Pihak Oposisi Suriah, Faksi Mujahidin Suriah)
– Turkish backed rebel forces (Pasukan Turki yang mendukung pihak Opoisisi)
– Israeli occupied Golan heights (Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel)

Sumber : Al Jazeera | Weblink : http://www.aljazeera.com/indepth/interactive/2015/05/syria-country-divided-150529144229467.html

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here