Usai Dilantik, Presiden Erdogan Kunjungi Makam Pendiri Turki Mustafa Kemal Ataturk

1734

Moslemtoday.com : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberi penghormatan kepada pendiri Turki Mustafa Kemal Ataturk di ibukota Ankara.

Setelah upacara pelantikannya di parlemen, Presiden Erdogan mengunjungi Anitkabir, Makam Mustafa Kemal Ataturk, Bapak Pendiri Turki Modern dan menuliskan pesan-pesan dan harapannya ke depan di buku tamu.

“Bangsa kita, menganggap saya layak sebagai presiden pertama mereka. Sebagai presiden ke-12 dan presiden pertama dari sistem presidensial, saya sekali lagi bersumpah untuk memperkuat persatuan dan persaudaraan bangsa kita, membangun dan mengangkat martabat negara,” tulis Erdogan, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Selasa, (10/7/2018).

“Kami bertekad untuk memenuhi tujuan Republik ini, yang telah dipercayakan kepada generasi selanjutnya oleh Yang Mulia (Mustafa Kemal Ataturk) dan rekan-rekan Anda, pada tahun ke-100 pendiriannya,” tulis Erdogan.

Presiden Erdogan mengambil sumpah sebagai presiden pertama Republik Turki di bawah sistem pemerintahan yang baru di Parlemen Turki, Senin, (9/7).

Sumpah itu menandai dimulainya sistem presidensial di Turki, peralihan dari sistem parlementer, yang disetujui dalam referendum mengenai amandemen konstitusi pada 16 April tahun lalu. Melalui sistem ini, Presiden Erdogan menjadi kepala negara sekaligus kepala pemerintahan, dengan menghapus jabatan Perdana Menteri. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com 

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.