Ust. Nizar Sa’ad Jabal, Lc : “Masalah Penarikan Zakat Tidak Bisa Dilakukan Sembarangan”

4078

Moslemtoday.com : Ustaz Nizar Sa’ad Jabal, Lc yang merupakan Sekretaris Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad mengatakan bahwa masalah penarikan zakat tidak bisa dilakukan sembarangan.

“Tidak bisa,” ujar Ustad Nizar menanggapi rencana pemerintah yang akan memotong gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS sebagai zakat profesi sebesar 2,5 persen setiap bulannya.

“Masalah pemotongan atau penarikan zakat tidak bisa dilakukan sembarangan, Harus sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam Al Quran dan As-Sunnah. Misalnya apakah gaji pegawai tersebut apakah sudah mencapai batas harus membayar zakat atau belum atau nisob,” ungkap Ustaz Nizar, seperti dilansir dari Media Center Al-Irsyad, Kamis, (8/2/18).

“Ketentuan nisob adalah ketika harta yang diperoleh seseorang mencapai jumlah setara emas 85 gram atau kalau diuangkan, sekitar 48 juta. Itu pun harus merupakan harta yang telah mengendap selama satu tahun,” ujarnya.

“Jadi tidak bisa sembarangan memotong gaji yang misalnya hanya lima juta sebulan langsung dipotong 2,5 persen,” tegas Ustad Nizar. (DH/MTD)

Sumber : Media Center Al Irsyad | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here