Ustadz Endang Abu Rufaydah, Lc. MA : “Keutamaan Tauhid (Bagian 2)”

535

KEUTAMAAN TAUHID 2

“Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ شَهِدَ أَنْ لَاإِلٰـهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَنَّ مُـحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ ، وَأَنَّ عِيْسَى عَبْدُ اللهِ وَرَسُوْلُهُ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوْحٌ مِنْهُ ، وَالْـجَـنَّـةَ حَـقٌّ ، وَالنَّارَ حَـقٌّ ، أَدْخَلَهُ اللهُ الْـجَنَّـةَ عَلَى مَا كَانَ مِنَ الْعَمَلِ.

Barangsiapa bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allâh saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya; dan bahwa ‘Isa adalah hambaAllâh dan Rasul-Nya dan kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam serta ruh dari-Nya; dan bahwa surga adalah benar adanya dan neraka adalah benar adanya, maka Allâh pasti memasukkannya ke dalam surga bagaimanapun amal yang telah diperbuatnya. (HR. Bukhari dan Muslim)

PENJELASAN HADITS
Nabi menjelaskan tentang keutamaan tauhid dan keagungannya. Siapa saja yang menyucapkan dua kalimah syahadat, disertai memahami makna dan mengamalkan konsekuensinya secara lahir dan batin, menjauhi bersikap berlebih-lebihan kepada Nabi Muhammad dan Nabi Isa (yaitu tidak menganggap nabi memiliki sifat ketuhanan). Kita cukup mengakui bahwa mereka adalah hamba Allah dan utusan-Nya, dan menyakini bahwa surga dan neraka itu benar adanya.

FAIDAH HADITS.
1. Syahadat kepada Allah maknanya mengetahui bahwa Allah adalah satu-satunya sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar. Adapun selainnya adalah sesembahan yang batil.
2. Meyakini bahwa Nabi Muhammad dan Nabi Isa adalah hamba Allah dan Rasul-Nya. Maka tidak boleh berlebih-lebihan terhadap beliau, baik dengan perkataan atau perbuatan.
3. Tidak boleh mengangkat keduanya sampai pada derajat ketuhanan, sehingga menjadikan keduanya sekutu bagi Allah.
4. Persaksian bahwa surga yang Allah sediakan untuk orang-orabg bertakwa adalah benar adanya, serta bahwa neraka yabg Allah sediakan untuk orang-orang kafir benar adanya.
5. Siapa saja yanh memenuhi lima persaksian di atas, maka dia dijanjikan masuk surga oleh Allah.

Disadur dari Kitab Mulakhos At Tauhid

📝 Oleh : Ustadz Endang Abu Rufaydah, Lc. MA

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here