Vatikan Menyerukan Solusi Dua Negara untuk Mengakhiri Konflik Israel-Palestina

758

Moslemtoday.com : Paus Franciskus menyerukan solusi dua negara untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina dalam pesan natalnya pada hari Senin, (25/12/2017) di Balkon Basilika Santo Petrus, Vatikan untuk menanggapi keputusan Presiden AS Donald Trump yang memicu ketegangan regional baru atas pengakuannya menyatakan Jerusalem sebagai ibukota Israel.

Paus dalam pesannya berbicara tentang konflik Timur Tengah dengan tema : “Urbi et Orbi” (dari kota ke dunia), empat hari setelah 128 negara mendukung sebuah resolusi PBB yang mendesak Amerika Serikat untuk membatalkan keputusannya mengenai Jerusalem.

“Mari kita berdoa agar kehendak untuk melanjutkan dialog dapat terjadi di antara para pihak dan bahwa solusi dua negara (Israel dan Palestina) akhirnya bisa tercapai, yang memungkinkan koeksistensi damai dua negara di dalam perbatasan yang disepakati dan diakui secara internasional,” ungkap Paus Fransiskus, seperti dilansir dari Reuters, Senin, (25/12/17).

“Kami melihat wajah Jesus di anak-anak Timur Tengah yang terus menderita karena meningkatnya ketegangan antara Israel dan Palestina,” tambah Paus.

Ini adalah kedua kalinya paus berbicara secara terbuka tentang Jerusalem sejak keputusan Trump pada 6 Desember. Pada hari pertama, Paus Francis meminta “status quo” kota Jerusalem untuk dihormati, agar tidak terjadi ketegangan baru di Timur Tengah.

Palestina menyatakan bahwa Jerusalem sebagai ibukota mereka. Sedangkan Israel menyatakan bahwa kota Jerusalem adalah ibukota abadi Israel sejak 3 ribuan tahun yang lalu, merujuk eksodus umat Yahudi di Zaman Nabi Musa dari Mesir ke tanah Palestina.

Paus Francis, pemimpin 1,2 miliar umat Katolik Roma di seluruh dunia mendesak orang-orang untuk melihat wajah Jesus yang tak berdaya pada anak-anak yang paling menderita akibat perang, migrasi dan bencana alam yang diakibatkan manusia hari ini. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2017) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here