(Video) Al-Jubeir : Campur Tangan Iran di Lebanon, Suriah dan Yaman adalah Ancaman Serius bagi Arab Saudi

671

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir mengatakan bahwa Iran adalah sumber bahaya terbesar di kawasan ini karena campur tangannya di Lebanon, Yaman dan Suriah.

Al-Jubeir mengungkapkannya dalam konferensi pers di saat kunjungannya ke Brussels bertemu dengan Menteri Luar Negeri Belgia, Didier Reynders.

“Iran telah menyelundupkan rudal balistik kepada milisi Houthi di Yaman. Rudal tersebut telah diluncurkan ke Arab Saudi berulang kali oleh milisi tersebut. Ini adalah ancaman serius bagi keamanan Arab Saudi,” ungkap Al Jubeir, seperti dilansir dari Al Arabiya, Sabtu, (20/1/18).

“Pemberian sanksi terhadap Iran harus diberlakukan untuk mencegah Teheran memperkaya uranium. Perjanjian nuklir Iran perlu diperbaharui,” tambah Al Jubeir.

Sementara itu, Reynders mengungkapkan bahwa perjanjian nuklir dengan Iran masih berjalan dan pelaksanaannya penting bagi dunia internasional. Reynders mengatakan : “Kami akan membahas keterlibatan Iran dalam serangan rudal balistik dan ancaman perang di wilayah ini”.

Menanggapi konflik yang sedang berlangsung di Yaman, Al Jubeir mengatakan bahwa Arab Saudi melakukan operasi militer bersama Koalisi Arab untuk mencegah jatuhnya Yaman ke tangan Iran dan Hizbullah. Al Jubeir menunjukkan bahwa Riyadh telah melindungi lebih dari satu juta pengungsi Yaman sejak krisis dimulai. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here