(Video) Anggota Palestina di Parlemen Israel Diusir Secara Paksa Setelah Memprotes Pidato Mike Pence

1113

Moslemtoday.com : Anggota parlemen Israel berdarah Palestina diusir secara paksa dari Knesset (Parlemen Israel) setelah memprotes  pidato Wakil Presiden AS Mike Pence di majelis tersebut.

Mike Pence, wakil presiden AS pertama yang berbicara di Knesset Israel, namun pidatonya mendapat aksi protes dari sekelompok politisi “Aliansi Bersama Arab-Palestina” yang menyuarakan kemarahan mereka atas tindakan kontroversial Washington.

Mereka meneriakkan “Jerusalem adalah ibu kota Palestina” dan mengangkat poster-poster memprotes pidato Pence sebelum dibuang oleh petugas keamanan.

“Kami menentang kebijakan Mr Trump, dia bukan hanya musuh orang-orang Palestina, dia adalah musuh perdamaian,” ungkap Jamal Zahalka, anggota Knesset yang memprotes tersebut, seperti dilansir dari Al Jazeera, Selasa, (23/1/18).

“Kami berdiri hari ini untuk memprotes pidato Pence, dia adalah orang yang tidak diinginkan kehadirannya di wilayah ini. Kami mengangkat slogan bahwa Jerusalem adalah ibukota Palestina sebagai tamparan keras terhadap keputusan sepihak mereka.”

Harry Fawcett dari Al Jazeera yang melaporkan dari Jerusalem Barat, mengatakan bahwa anggota Palestina di Knesset tersebut telah memperingatkan bahwa mereka akan melakukan protes terhadap pidato Pence.

“Mereka ingin melakukan sesuatu yang besar, sesuatu yang bisa ditunjukkan di depan umum,” kata Fawcett, menambahkan bahwa “mereka memberikan sebuah pesan yang sangat jelas untuk menentang posisi AS di Jerusalem”.

Meski diusir, Zahalka menyatakan bahwa aksi mereka sukses.

Jamal Zahalka mengatakan : “Pasukan keamanan Israel tahu bahwa kami akan melakukan protes. Mereka menyerang kami dengan cara yang buas tapi ini menguntungkan kami karena meskipun mereka mengusir kami, media internasional memberikan perhatian lebih pada pemandangan ini dan menyadari bahwa ada suara di Parlemen Israel yang menyuarakan bahwa Jerusalem adalah ibukota Palestina.”

Dalam pidatonya, Mike Pence mengatakan kepada anggota parlemen Israel bahwa kedutaan besar AS di Israel akan dipindahkan dari Tel Aviv ke Yerusalem sebelum akhir tahun 2019. (DH/MTD)

Simak Videonya :

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here