(Video) AS : Rudal Houthi yang menyerang Arab Saudi dibuat oleh Iran

794

Moslemtoday.com : Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley mengatakan bahwa perilaku Iran di Timur Tengah semakin parah dan telah memicu api konflik. Hal itu diungkapkan Haley dalam konferensi pers di Dewan Keamanan PBB di New York, Kamis, (14/12/17).

Haley menegaskan bahwa AS memiliki bukti akurat bahwa rudal yang diluncurkan oleh milisi Houthi yang menargetkan sebuah bandara sipil di Riyadh dibuat oleh Iran.

“Itu dibuat di Iran kemudian dikirim ke militan Houthi di Yaman,” ungkap Haley tentang rudal tersebut, seperti dilansir dari Al Arabiya, Jumat, (15/12/17).

“Rudal tersebut diluncurkan dengan menargetkan bandara sipil di Riyadh dengan potensi membunuh ratusan warga sipil tak berdosa di Arab Saudi, bayangkan jika rudal itu menargetkan London, Paris, Berlin atau New York ini,” ungkap Haley.

Washington berusaha membentuk koalisi internasional untuk menghadapi ancaman Iran, Haley menyatakan. Haley juga mengungkapkan bahwa Amerika Serikat memiliki bukti dukungan Iran untuk Houthi dengan rudal dan senjata.

Haley mengatakan bahwa persenjataan yang disita yang dipamerkan di pangkalan AS menunjukkan pelanggaran resolusi PBB yang mencolok oleh Iran.

Ancaman rudal Iran mencakup semua orang, tidak hanya Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Haley menegaskan bahwa resolusi PBB melarang Iran mengekspor senjata atau rudal.

Haley menambahkan bahwa tidak ada perbaikan dalam tindakan Iran, yang ada Iran terus mendukung terorisme. Haley menyatakan bahwa Menteri Pertahanan AS akan mengumumkan sanksi-sanksi baru atas Iran karena tindakannya yang bermusuhan.

Kerajaan Arab Saudi menyambut baik laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang menunjukkan bukti intervensi dan dukungan bermusuhan Iran untuk milisi teroris Houthi dengan kemampuan rudal dan senjata yang canggih untuk mengancam keamanan dan stabilitas wilayah tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya
Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here