(Video) Emir Qatar : “Saudi Cs Ingin Menggulingkan Pemerintahan Kami”

696

Moslemtoday.com : Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, emir Qatar, menegaskan bahwa Qatar tidak akan tunduk pada tekanan dari sekelompok negara Arab yang memblokade negaranya, dengan menyebut kemerdekaan dan kedaulatan negara Qatar sebagai “harga mati”.

“Kedaulatan kami adalah harga mati bagi kami, dan kami akan tidak menerima siapapun yang mengganggu kedaulatan kami,” ungkap Sheikh Tamim, seperti dilansir dari Al Jazeera, Senin, (30/10/2017).

“Mereka tidak menyukai kemerdekaan kami, bagaimana cara kami berpikir, visi kami untuk wilayah ini,” ungkap Sheikh Tamim kepada pembawa acara Charlie Rose dalam sebuah wawancara yang disiarkan Al Jazeera.

“Kami ingin kebebasan berbicara untuk orang-orang di wilayah ini dan mereka tidak senang dengan itu, dan oleh karena itu mereka berpikir bahwa ini adalah ancaman bagi mereka,” ungkap Syekh Tamim.

“Ketika orang turun ke jalan-jalan di Timur Tengah dan Afrika Utara dalam demonstrasi yang dikenal sebagai musim semi Arab, Qatar berdiri di samping orang-orang tersebut. Beda kami dengan mereka selama musim semi Arab adalah Kami berdiri di samping para demonstran, mereka berdiri bersama rezim”, ungkap Syeh Tamim.

‘Kami ingin semua ini berakhir’

Dalam wawancara tersebut, emir Qatar juga mengatakan bahwa dia bersedia menghadiri perundingan langsung untuk mengakhiri krisis diplomatik. “Kami ingin krisis ini berakhir, namun kami melihat belum ada penghargaan mereka atas kedaulatan kami”, kata Sheikh Tamim.

“Tapi kami ingin semua ini berakhir, saya selalu mengatakannya, jika mereka mau berjalan satu meter ke arah saya, saya bersedia berjalan sejauh 10.000 mil ke arah mereka.” tambah Syeh Tamim.

Emir Qatar juga menegaskan sikapnya akan nasib Al Jazeera, yang diluncurkan pada tahun 1996 oleh Qatar. “Al Jazeera tidak untuk didiskusikan, kami tidak akan menutup Al Jazeera. Ketika Anda menyuruh saya menutup saluran seperti Al Jazeera, sejarah akan mencatat suatu hari dalam 50, 60 atau 70 tahun mendatang bagaimana negara kami membungkam kebebasan pers di wilayah ini,” jelas Syeh Tamim.

Emir Qatar menegaskan bahwa sebenarnya negara-negara pemblokir tersebut ingin menggulingkan pemerintahan Qatar. “Itu jelas sekali bahwa mereka yang dipimpin Saudi mencoba untuk memaksakan perubahan kepemimpinan di Qatar,” kata Sheikh Tamim.

Simak Videonya : 

Sumber : Al Jazeera

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here