(VIDEO) Guru Besar Sejarah UNP Prof Mestika Zed: ” Waspadai Kebangkitan PKI”

1709

Moslemtoday.com : Prof Mestika Zed lahir di Batu Hampar, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, 19 September 1955; umur 61 tahun merupakan salah seorang ahli sejarah Indonesia. Selain menjadi dosen sejarah di Universitas Negeri Padang dan Universitas Andalas, dia juga aktif menulis buku serta sebagai kolumnis.

Prof Mestika Zed merupakan sedikit dari sejarawan Indonesia yang saat ini giat meluruskan dan mengoreksi sejarah bangsa. Terutama terkait dengan peran tanah kelahirannya, Sumatera, yang selama ini selalu dipinggirkan dalam buku-buku sejarah nasional.

Dia aktif meluruskan sejarah Pemerintahan Darurat Republik Indonesia, Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia, dan sejarah Giyugun Sumatera, tiga peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang berpusat di Bukittinggi dan Padang (Sumatera Barat), yang selama ini diabaikan dan bahkan mendapat tempat tak terhormat dalam sejarah Indonesia.

Beliau juga menjadi pembicara pada acara Konferensi Internasional tentang Tragedi 1965/66 yang bertajuk Rekonsiliasi Sejarah dengan Tragedi 1965/66 diselenggarakan di Universitas Goethe Frankfurt Jerman pada 10 – 12 November 2016 dihadiri para ilmuwan, sejarawan, peneliti, para ahli, mahasiswa, seniman,  pegiat HAM dan Demokrasi serta Korban Pelanggaran HAM 65 yang datang dari berbagai negara termasuk indonesia.

Konferensi dibuka dengan pidato selamat datang oleh: Prof. Dr. Arndt Graf, Goethe University Frankfurt, Dr. Elsa Clavé, Goethe University Frankfurt dan  Prof. Dr. Asvi Warman Adam, LIPI, Jakarta.

Dalam menguak kebangkitan komunisme ed mengajak masyarakat untuk mewaspadai kebangkitan PKI di tanah air. terutama banyaknya kasus yang beredar di negeri ini atas peernytaan agar pemerintah meminta maaf kepada PKI.

Dalam sebuah stasiun televisi Prof Mestika Zed menjelaskan secara jelas bagaimana asal mula PKI serta sepak terjang kebangkitan PKI di tanah air.

“Anak muda yang tidak menyadari akan hal ini akan mudah sekali terombang ambing oleh sistem global yang sekarang sudah sangat merasuk kedalam masyarakat” jelas prof Mestika Zed.

“Kita harus mempelajari kembali sejarah bangsa kita agar kita tidak terseok-seok lagi” tutup Prof Mestika Zed.

Simak pemaparan bagaimana riak kemunculan Partai Komunis di Indonesia oleh Prof Mestika Zed dalam program jas Merah Surau TV.

Sumber : Sang Perawi

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here