(Video) Jutaan Kaum Syi’ah Iran Laksanakan “Ziarah Arafah” di Karbala

2608

(Video) Jutaan Kaum Syi’ah Iran Laksanakan “Ziarah Arafah” di Karbala

Moslemtoday.com : Pemerintah Irak mengumumkan masuknya satu juta warga Iran ke Karbala untuk melaksanakan tradisi yang dikenal dengan nama “Ziarah Arafah”. Menurut juru bicara Kementerian Dalam Negeri Irak, Brigadir Jenderal Saad Maan mengatakan jamaah haji dari Iran tersebut masuk melalui perbatasan di sebelah timur Irak, jumlahnya mencapai satu juta jiwa. Mereka menamakan kunjungan mereka dengan ‘ziarah arafah’, ungkap juru bicara kementerian dalam negeri Irak. Demikian sebagaimana dilansir dari Skynewsarabia, Senin, (12/9/2016).

Apa itu Ziarah Arafah?

Dilansir dari ABNA24, Ziarah ke Karbala bukan hanya dilakukan jutaan warga Iran pada saat musim haji, namun juga pada hari-hari peringatan Islam lainnya, seperti pada hari Asyura, Arbain, Nisyfu Sya’ban, Ramadhan dan lain-lain. Selain ke Karbala warga Iran juga menziarahi makam Imam Ali bin Abi Thalib di Najaf dan turut mengunjungi Samarah dan Kadzimain di Irak.

Pada hari Arafah, umat Syiah mentradisikan membaca doa Arafah yang diajarkan Imam Husain As. Mereka membacanya di tempat-tempat terbuka secara berjamaah, jadi bukan hanya di Karbala. Kota-kota yang menjadi pusat warga Syiah melakukan pembacaan doa Arafah secara berjamaah selain di Karbala, juga dilakukan di kota Masyhad dan kota Qom Iran.

Dalam keyakinan Syiah, makam-makam imam-imam mereka jauh lebih utama untuk diziarahi pada hari-hari raya Islam. Oleh karena itu, disetiap momen-momen peringatan Islam, makam-makam Imam-imam Syiah dipadati muslim Syiah dari berbagai negara. Tidak terkecuali pada momen Idul Adha. Pada 9 Dzulhijjah misalnya (yang dikenal dengan sebutan hari Arafah), umat Islam Syiah memadati makam-makam imam mereka sembari menggelar doa bersama yang mereka sebut pembacaan doa Arafah.

Tradisi pembacaan doa Arafah setidaknya terpusat di makam Imam Husain di Karbala, makam Imam Ali di Najaf dan makam Imam Ridha di Qom, Iran. Jutaaan muslim Syiah memadati tempat-tempat yang mereka yakini suci tersebut. (DH)

Video Dokumentasi Ziarah Karbala :

Sumber: SkyNewsArabia | Daily Mail

comments

Loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here