(Video) Kongres AS Sahkan UU untuk Tuntut Arab Saudi atas Serangan 9/11 September

2401

Moslemtoday.com : Kongres Amerika Serikat (AS) telah mengesahkan undang-undang (UU) yang memperbolehkan keluarga para korban peristiwa 11 September untuk menuntut Arab Saudi atas serangan Tragedi 9/11 September 15 tahun yang lalu. Namun, tampaknya UU tersebut akan mendapatkan penolakan dari Gedung Putih. Demikian sebagaimana dilansir dari The Independent, Sabtu, (10/9/2016).

Pimpinan Kongres AS menyebut keputusan untuk mengesahkan UU itu merupakan sebuah kewajiban moral agar para keluarga korban dapat mencari keadilan. RUU itu diusulkan oleh keluarga para korban agar bisa menuntut Arab Saudi yang dituduh telah mendukung badan-badan amal dan organisasi yang punya hubungan dengan kelompok teroris.

Beberapa pihak menentang keputusan Kongres ini karena dikhawatirkan akan mengundang reaksi keras yang merusak hubungan antara Negeri Paman Sam dengan Arab Saudi. Arab Saudi sendiri sampai saat ini telah membantah tuduhan-tuduhan tersebut dan menegaskan tidak pernah terlibat dengan organisasi teroris manapun.

Gedung Putih sejak lama telah menolak RUU seperti itu karena khawatir akan merusak hubungan Amerika dan Arab Saudi. Mereka juga khawatir akan kemungkinan dikeluarkannya UU balasan yang menargetkan warga dan perusahaan-perusahaan AS di negara lain. Sebelumnya, pada April lalu, Pemerintah Arab Saudi telah memberikan peringatan akan melakukan pembalasan melalui jalur ekonomi jika UU tersebut diloloskan.

Pengesahan UU tersebut memiliki arti simbolis karena dilakukan dua hari menjelang peringatan 15 tahun terjadinya tragedi 9/11 September. Beberapa bulan setelah Tragedi 9/11 terjadi, AS melakukan invasi ke Afghanistan untuk memburu pimpinan Kelompok Al Qaeda, Osama bin Laden dan membawa negeri bekas jajahan Soviet itu pada konflik yang tak kunjung usai hingga saat ini. (DH)

Sumber : The Independent | Video : Russia Today

comments

Loading...

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here